Aspindo Beri Santunan Penanganan Covid-19

Jakarta,TAMBANG – Pandemi Covid-19 yang melanda nyaris seluruh dunia membuat banyak negara kewalahan dalam penanganannya. Pemerintah Indonesia pun mengerahkan segala kemampuannya termasuk dari sisi finansial. Tujuannya tidak lain menekan penyebarannya, menahan laju pasien yang kasatmata dan juga mengatasi pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19.

 

Dalam suasana seperti ini tidak mampu cuma mengandalkan Pemerintah saja. Semua pihak harus terlibat dengan caranya masing-masing. Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) jadinya memutuskan untuk mengajak para anggota untuk terlibat dalam penanganan pandemi ini dengan mengumpulkan bantuan.

 

“Kami memiliki gagasan mengajak anggota ASPINDO untuk berdonasi menolong penanganan Covid-19. Responnya sungguh hebat. Dalam seminggu kami sudah sukses menghimpun sejumlah Rp. 1,2 miliar yang kami serahkan hari ini,” terang Direktur Eksekutif ASPINDO Bambang Tjahjono yang ditemui dikala penyerahan santunan di Kantor BNPB,Jakarta (17/4).

 

Bambang menyampaikan terima kasih atas respon cepat dari para anggota. “Ini memperlihatkan akad ASPINDO untuk terus mendukung setiap upaya Pemerintah dalam menghadapi situasi sukar. Ketika terjadi bencana banyak anggota kami pun terlibat dalam penanganan bencana dan saat ini kami kembali terlibat memberi dukungan dalam menangani pandemi ini,”lanjut Bambang.

 

Total donasi yang terkumpul dari penggalangan dana tersebut meraih Rp 1.395.000.000. Dari dana tersebut, Rp 1,2 M didonasikan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sedangkan Rp 195.000.000 disumbangkan dalam bentuk masker yang diserahkah ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM.

 

Disamping itu, ASPINDO juga membagikan masker terhadap pengendara, polisi dan semua pekerja disekitaran kantor Sekretariat ASPINDO.

 

Donasi Rp 1,2 M diterima pribadi oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Matraman, Jakarta Timur. Ia pun menyambut baik langkah ASPINDO dan menyampaikan terima kasih pada anggota ASPINDO yang telah menunjukkan donasinya.

 

“Dalam suasana seperti ini, solidaritas dari seluruh masyarakat Indonesia menjadi sangat penting. Ini bergotong-royong modal yang sungguh penting yang bangsa ini miliki,” tandas Doni.