Ditengah Pandemi, Mind.Id Sukses Terbitkan Obligasi Global

Jakarta,TAMBANG, Ditengah Pandemi Covid 19, Holding BUMN Pertambangan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau yang lebih dikenal MIND.ID sukses melaksanakan pricing atas penerbitan obligasi global. Perusahaan sukses menjangkau USD2,5 miliar atau setara dengan Rp 37,5 triliun (kurs Rp 15.000 per USD) pada Selasa, 12 Mei 2020.

 

Dalam penjelasannya Direktur Utama MIND.ID Orias Petrus Moedak menyampaikan ditengah kondisi perekonomian dunia yang sedang dilanda krisis balasan pandemi virus Covid-19, kesuksesan tersebut menunjukan kepercayaan investor internasional terhadap MIND ID dan terhadap perekonomian Indonesia dalam jangka menengah dan jangka panjang.

“Hal yang penting di masa mirip ini, kami masih dipercaya investor. Ditengah harga komoditi yang lebih rendah dari tahun sebelumnya, kami masih diandalkan mampu melewati periode susah oleh seluruh dunia,”ungkap Orias Petrus Moedak dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Jakarta (Jumat,15/4).

 

Orias bahkan menyebutkan bahwa obligasi tersebut ialah yang terbesar di antara perusahaan pertambangan di Asia. Hal ini memperlihatkan iman investor global terhadap prospek jangka panjang MIND ID, yang mempunyai mendasar kuat dalam menghadapi suasana ekonomi global yang sulit akhir dampak pandemi COVID-19.

 

“Dengan tercapainya besaran pendanaan yang dibutuhkan dan sasaran tingkat kupon yang diinginkan, penerbitan obligasi ini menawarkan iman investor terhadap kemampuan MIND ID dalam mengelola portofolio pembiayaan dan mempertahankan likuiditas. Perusahaan telah berhasil mengurangi risiko pendanaan kembali dengan memperpanjang rata-rata tenor portfolio pembiayaan dan merendahkan ongkos rata-rata pendanaan, sehingga diperkirakan mampu mempunyai dampak efisiensi beban bunga,” lanjut Orias.

 

Kepercayaan investor ini dibuktikan melalui ajakan yang masuk 6,4 kali diatas penawaran yang diumumkan. Juga profil investor yang berkualitas di mana lebih dari 75% pemegang obligasi tersebut ialah asset/fund managers.

 

Dijelaskan pula bahwa obligasi global ini terdiri dari tiga era jatuh tempo yaitu senilai USD1 miliar dengan tingkat kupon sebesar 4,750% dan tenor hingga 2025. Kemudian senilai USD1 miliar dengan tingkat kupon sebesar 5,450% dan tenor hingga 2030. Lalu senilai USD500 juta dengan tingkat kupon sebesar 5,800% dan tenor sampai 2050.

 

Orias pun menerangkan pendanaan yang diterima MIND ID dari obligasi tersebut akan digunakan antara lain Pembelian kembali sebagian dari total obligasi senilai USD4 miliar yang pernah diterbitkan Perusahaan pada tahun 2018. Kupon senilai USD1 miliar dengan tingkat kupon sebesar 5,230% dan tenor sampai 2021 dan senilai USD1,25 miliar dengan tingkat kupon sebesar 5,710% dan tenor hingga 2023.

 

Selain itu dana ini juga akan dimanfaatkan untuk aktivitas akuisisi strategis perusahaan-perusahaan yang mampu mendukung mandat MIND ID. Termasuk didalamnya pembelian saham divestasi PT Vale Indonesia. Dan membantu pelunasan pembiayaan-pembiayaan yang ada di grup MIND ID. Obligasi ini dipasarkan di Singapura, Hong Kong, London, dan New York.