Diversifikasi Usaha Pt Indika Energy,Tbk

Jakarta,TAMBANG,- PT Indika Energy,Tbk (INDY) juga mulai melaksanakan diversifikasi usaha dengan masuk ke bisnis selain batu bara. Pada Maret kemudian, Perseroan mendirikan PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS). Ini ialah perusahaan pemasoksolusi tenaga surya terintegrasi di Indonesia. Inisiatif ini dilakukan lewat kemitraan dengan Fourth Partner Energy, pengembang penyelesaian tenaga surya terdepan di India yang secara secara umum dikuasai Fourth Partner Energy dimiliki oleh The Rise Fund, social impact fund paling besar di dunia.

Pendirian EMITS ini merupakan wujud komitmen Indika Energy dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, mencapai tujuan keberlanjutan, mengembangkan kinerja ESG serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025.

Sementara itu, sejak 2018 lalu Indika Energy juga memiliki investasi di sektor tambang emas Awak Mas di Sulawesi Selatan. Proyek Awak Mas ini memiliki kesempatancadangan sebanyak 1,5 juta ons emas dan 2,4 juta ons sumber daya emas dan ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2023.

Selaras dengan strategi diversifikasi perjuangan yang dikerjakan, Indika Energy menargetkan 50% pendapatan dari sektor non-batubara pada tahun 2025. “Indika Energy akan terus mengeksplorasi sektor usaha yang lain yang sesuai dengan kelebihan dan kapasitas kami. Hal ini merupakan wujud donasi kami terhadap pembangunan nasional,” tutup Azis.