Dukung Peningkatan Mutu Sdm, Ssb Selenggarakan Program Tot Di Sekeliling Daerah Operasi Di Kaltim

Jakarta,TAMBANG,- PT Sanggar Sarana Baja (SSB), Anak Usaha PT ABM Investama,Tbk (ABMM) berkomitmen mendukung peningkatan SDM selaku salah satu dari program CSR-nya. Perusahaan menyadari salah satu investasi penting remaja ini yaitu kenaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bentuk derma merealisasikan prioritas pembangunan nasional sampai 2024. Salah satunya melalui program Training of Trainer (ToT) dalam mendukung peningkatan kualitas SDM dan produktivitas daerah, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur.

Johan Budisusetija sebagaiDirektur PT SSB menjelaskan bahwa datangnya CSR Program ToT ini sejalan dengan visi perusahaan, adalah secara terus menerus membuat lapangan kerja yang pantas dan berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia. “SSB selalu berkomitmen untuk menyejahterakan penduduk , terutama yang berada di sekitar wilayah operasional secara berkelanjutan dengan pendidikan berkualitas dan kenaikan skill biar masyarakat mempunyai pekerjaan yang layak, sehingga mampu mendukung perkembangan ekonomi tempat,” terang Johan.

Adapun aktivitas ini terlaksana berkat kemitraan yang bagus antara SSB dengan forum pendidikan yang juga rekanan bisnis di sekeliling area operasional adalah PT Kaltim Prima Coal (KPC), SMKN 1 Balikpapan dan juga Balai Latihan Kerja Industri Mandiri (BBLKI) Kutai Timur. Dalam pelaksanaannya, setiap penerima sudah melalui serangkaian kegiatan yakni mulai dari training pengelasan di Training Center SSB, On Job Training (OJT) selama sepekan di Workshop SSB Balikpapan, sampai training menjelang sertifikasi dari BNSP. Selanjutnya para akseptor menempuh ujian sertifikasi BNSP KKNI level 3, setelah berhasil maka para akseptor tersebut dinyatakan kompeten dan menerima sertifikasi eksklusif dari BNSP.

Febriana Kurniasari sebagaiSuperintendent Community Health and Education PT KPC menjelaskan bahwa koordinasi KPC dan BLK Kutai Timur telah berjalan dalam waktu yang tidak sebentar, khususnya dalam acara-program pengembangan penduduk Kutai Timur. Sedangkan SSB ialah salah satu kontraktor terbesar KPC.

“Kami menyambut baik dan mendukung program ini, alasannya program ini juga sejalan dengan goals kami untuk meningkatkan skill penduduk Kutai Timur semoga putra/i tempat mampu memiliki peluang yang optimal dan dapat terserap di industri,” terang Febriana.

Dijelaskan pula, pelaksanaan CSR Program ToT ini ditujukan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), yang ialah akad global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan penduduk yang meliputi 17 tujuan. Dengan diselenggarakannya Program ToT ini, SSB turut mendukung pembangunan yang berkesinambungan setidaknya 3 tujuan di antaranya ialah Pendidikan Bermutu, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

“Kami menyadari bahwa upaya pencapaian sasaran TPB/SDGs ini menjadi prioritas pembangunan nasional yang pastinya membutuhkan sinergi dari aneka macam pihak. Oleh alasannya adalah itu, kami ingin mengucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan program tersebut, sekaligus juga kembali mengajak segenap unsur masyarakat untuk turut andil dan mendukung tujuan dari program ini,” pungkas Johan.

Untuk dikenali, PT Sanggar Sarana Baja (SSB) merupakan perusahaan terkemuka dengan visi menunjukkan solusi terekayasa melalui teknologi yang relevan. Perusahan disokong dengan sumber daya insan yang kompeten untuk menunjukkan penyelesaian terbaik bagi konsumen di industri pertambangan serta minyak dan gas bumi.