Dukung Target Sdgs, Acara Csr Abm Borong Penghargaan Di Ajang Icea 2022

JAKARTA, TAMBANG – PT ABM Investama Tbk (ABM),  perusahaan energi terintegrasi investasi strategis di sektor pertambangan dan energi, mengawali tahun 2022 dengan menyabet sejumlah penghargaan nasional prestisius di Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022.

Di program yang diselenggarakan secara hybrid oleh Indonesia Popular Mandiri (IPM) dan First Indonesia Magazine serta bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup ini, ABM meraih penghargaan untuk kategori ‘Corporate Winner’ yakni ‘Excellence in Green and Environmental Management’ dan ‘Best Innovations and Initiatives in Global CSR’.

Sedangkan untuk klasifikasi ‘Individual Winner’, ABM menyabet trofi ‘The Best Leadership Focus on CSR Program’ yang ditujukan kepada Andi Djajanegara selaku CEO Perseroan.

Presiden Direktur ABM Investama, Andi Djajanegara mengatakan, prestasi ini diraih ABM atas komitmennya dalam menerapkan prinsip tata kelola Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/Corporate Social Responsibility – CSR) yang sejalan dengan target-sasaran dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs).

“Perseroan sangat meyakini bahwa keberlangsungan bisnis lekat dengan pelaksanaan tanggung jawab lingkungan dan sosial. “Partisipasi ABM dalam ajang ini merupakan bab dari upaya berkesinambungan untuk selalu mengukur dan berbagi kinerja CSR yang efektif, dalam rangka mendukung penerapan aspek lingkungan, sosial, dan manajemen (LST/ESG) yang tengah menjadi konsentrasi ABM menuju kesinambungan perkembangan bisnis,” terperinci Andi, Sabtu (12/3).

Ajang ICEA di tahun 2022 ini bertema CSR Program to Encourage Transformation Towards a Digital Society in The Development of Economic and Environmental Growth As Well As a Sustainable MSME Sector In The Pandemic Era.

Gelaran bergengsi tersebut terbagi dalam dua kategori adalah, Individual Winner dan Corporate Winner. Diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta Nasional, maupun multinasional. Mekanisme awal seleksi menyaring 100 perusahaan finalis untuk kemudian dilaksanakan evaluasi lanjutan lewat wawancara, sehingga dewan juri menetapkan 40 perusahaan terbaik yang berhak untuk mendapatkan penghargaan.

ABM sendiri mempunyai tiga acara unggulan yang diusung  dalam kontestasi tersebut. Pertama, pendidikan vokasi yang dijalankan secara daring (online) dan luring (offline) dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Kedua, acara percepatan pemulihan ekosistem serta rehabilitasi DAS (Daerah Aliran Sungai) secara terintegrasi dari tempat hulu hingga di hilir lepas pantai berbentukreplantasi terumbu karang. Ketiga, pemberdayaan ekonomi penduduk di sekeliling wilayah operasi.

Program unggulan ABM yang mendapat apresiasi ICEA 2022, berdasarkan Andi berfokus pada transformasi acara di kala pandemi.

“Hal ini sejalan dengan desain “Sustainability House” yang telah dirancang oleh Perseroan. Konsep tersebut mengedepankan semangat ‘A Better Method in Empowering Energy’, yakni mengintegrasikan berbagai faktor, yakni lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST/ESG) ke dalam faktor operasional inti,” tambah Andi.

 Sebagai informasi, sebelum ajang ini digelar ABM juga sudah pernah memperoleh prestasi klasifikasi CSR dan ESG  antara lain penghargaan kategori “CCC” atas pengungkapan ESG dan klasifikasi “Gold” atas Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non Perbankan pada ajang Penghargaan Emisi Korporasi yang diselenggarakan oleh Berita Satu, Media Holding dan Bumi Global Karbon (BGK) di bulan April dan November 2021 lalu.

“Penghargaan ini melanjuti penghargaan yang diterima oleh ABM dalam ESG Award dengan peringkat “Terbaik” untuk keterbukaan ESG emiten sektor investasi non perbankan di tahun 2020,” tandasnya.