Frans Kesuma Terpilih Lagi Jadi Ketua Lazim Aspindo

Jakarta, TAMBANG – Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) mengadakan Musyarawah Nasional (MUNAS) ke-V secara virtual, Rabu (30/6). Agenda ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin.

Salah satu acara dari konferensi nasional tersebut memilih pimpinan baru masa 2021-2024. Setelah melewati proses penyeleksian yang melibatkan anggota, Frans Kesuma terpilih kembali selaku Ketua Umum Aspindo untuk tiga tahun mendatang.

Frans sendiri dikala ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT United Tractors, perusahaan agen alat berat. Selain itu, pria asal Surabaya Jawa Timur ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pamapersada Nusantara, salah satu kontraktor tambang paling besar di Indonesia.

Dalam sambutannya, Frans menjelaskan soal pentingnya peran perkumpulan dalam membangun hubungan dengan para pemangku kepentingan, mulai dari sesama pelaku usaha sampai pemerintah.

“Asosiasi juga menjadi fasilitas paling tepat untuk menyuarakan kepentingan anggota yang berkaitan dengan keberlanjutan bisnis. Apalagi di tengah dinamika yang terjadi final-final ini yang menjinjing konsekuensi pergeseran, utamanya mengenai ketidakpastian selaku efek dari pandemi Covid-19,” terang Frans.

Menurutnya, perjuangan jasa mempunyai kontribusi besar dalam industri pertambangan dan perekonomian nasional. Mulai dari peresapan tenaga kerja, investasi, sampai setoran pajak.

“Peranan usaha jasa pertambangan sungguh besar dalam donasi terhadap pemasukan negara maupun dalam hal absorpsi tenaga kerja,” tandasnya.

Dalam potensi itu, Frans memberikan apresiasi terhadap pengurus Aspindo kurun sebelumnya. Kemudian, beliau juga memberikan terima kasih atas iktikad dari anggota sehingga diandalkan kembali menahkodai Aspindo.