Ini 10 Tambang Tembaga Terbesar Dunia

Tembaga ialah salah satu komoditi tambang yang penting dan menentukan perkembangan peradaban insan.  Kali ini akan dihidangkan setidaknya 10 tambang tembaga terbesar dunia dari segi kapasitasnya.

Pertama: Tambang Escondida, Chili.

Tambang ini berada di Gurun Atacama di Chili Utara. Dari data tahun 2020, tambang ini menciptakan tembaga sebesar 1.156 kilo ton tembaga per tahun setara dengan 6% dari total produksi global.  Saat ini tambang Escondida dimiliki dan dikelola oleh BHP (57,5%), Rio Tinto (30%) dan Japan Escondida (12,5%).  Escondida dalam bahasa Spanyol artinya tersembunyi.

Kedua: Tambang Collahuasi, Chili

Masih berada di Chili, Amerika Selatan tepatnya di Regio Tarapaca. Para pemegang sahamnya Anglo American (44%), Glencore (44%) dan Mitsui (12%). Dalam setahun dari tambang yang lokasinya di ketinggian antara 3.000 dan 5.000 meter ini dihasilkan 629 kton tembaga. Sebagian besar konsentrat yang diproduksi di Collahuasi dijual ke pabrik peleburan di China untuk disuling lebih lanjut.

Ketiga: Tambang Morenci, Amerika Serikat

Tambang tembaga ini berada di dekat Morenci, Arizona, Amerika Serikat. Tambang Morenci ialah tambang tembaga terbesar di Amerika Utara. Sahamnya dimiliki bareng Freeport-McMoRan dan Sumitomo. Sampai sekarang Freeport-McMoRan menjadi pemilik dan operator secara umum dikuasai. Dalam setahun memproduksi tembaga sebesar  445 ton.

Keempat: Tambang El Teniente, Chili

Selain masuk dalam kalangan tambang tembaga paling besar keempat, tambang El Teniente ialah tambang tembaga bawah tanah (underground mining) paling besar di dunia. Tidak cuma itu konon merupakan salah satu tambang paling besar dari segi cadangan. Lokasinya di Andes, Chili Tengah dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan bahari. Tambang ini dimiliki dan dikelolah oleh perusahaan tambang milik negara Chili, Codelco.  Pada tahun 2025 pihak Codelco bermaksud akan memajukan buatan sampai lebih dari 500.000 ton. Saat ini dari tambang ini dihasilkan 443 ton. 

Kelima: Tambang Buenavista, Meksiko

Tambang ini juga diketahui selaku tambang Cananea. Terletak di sekeliling 35 km sebelah selatan perbatasan AS-Meksiko di negara bab Sonora. Dimiliki oleh Grupo Mexico (Southern Copper). Salah satu tambang dengan cadangan tembaga paling besar. Juga salah satu tambang terbuka tertua di Amerika Utara.

Keenam: Tambang Chuquicamata, Chili

Chili juga punya tambang tembaga Chuquicamata. Tambang ini merupakan  salah satu tambang tembaga terbuka terbesar dan tambang terbuka terdalam kedua di dunia. Lokasinya sekitar 1.650 km sebelah utara kota Santiago, Ibukota Chili. Tambang, yang diketahui sebagai Chuqui, telah beroperasi sejak 1910. Tambang tembaga berusia seabad dimiliki dan dioperasikan oleh Codelco dan merupakan bab dari divisi Codelco Norte perusahaan, yang meliputi tambang Radomiro Tomic (RT) yang ditemukan di mineralisasi yang serupa sistem. Memproduksi tembaga sebesar 401 ton.

Ketujuh: Pusat Pertambangan KGHM, Polandia

Ini salah satu tambang tembaga yang ada di Benua Eropa. KGHM Polska Miedz Mining Hub terdiri dari tambang tembaga primer Rudna, Polkowice-Sieroszowice dan Lubin yang berlokasi di Polandia. Selain tembaga, Tambang ini menciptakan perak, emas, dan logam lainnya. Memproduksi  393 ton per tahun.

Kedelapan: Tambang Antamina, Peru

Ini ialah tambang terbuka yang berlokasi di pegunungan Andes. Sekitar 270 km sebelah utara Lima, Ibukota Negara Peru. Perusahaan dimiliki bersama oleh BHP (33,75%), Glencore (33,75%), Teck Resources (22,5%) dan Mitsubishi (10%). Selain tembaga, Antamina juga memproduksi perak, bismut, molibdenum dan timah hitam. Tambang ini memproduksi 378 ton.

Kesembilan: Cerro Verde, Peru

Tambang Cerro Verde Freeport-McMoRan adalah kompleks pertambangan tembaga dan molibdenum terbuka yang terletak sekitar 20 mil barat daya Arequipa, Peru.  Selain Freeport, pemangku kepentingan tambang yang lain yaitu SMM Cerro Verde Belanda, anak perusahaan Sumitomo Metal (21%), Compañia de Minas Buenaventura (19,58%), dan pemegang saham publik (5,86%). Memproduksi  372 ton dalam setahun.

Kesepuluh: Grasberg, Indonesia

Freeport-McMoRan menambang salah satu deposit tembaga dan emas paling besar di dunia di kawasan mineral Grasberg di Papua, Indonesia. Selain tembaga dan emas, perseroan memproduksi perak. Saat ini pemegang saham secara umum dikuasai di PTFI ialah MIND.ID, Holding BUMN tambang. Sisanya dimiliki Freeport McMoRan. Saat ini tambang Grassberg mulai meninggalkan tambang terbuka dan berbagi tambang dalam.