Ini Cara Mendapatkan Stimulus Program Ketenagalistrikan

Jakarta,TAMBANG,-Pemerintah telah memutuskan perpanjangan stimulus acara ketenagalistrikan berupa potongan harga tarif tenaga listrik, pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen 50%, serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum 50% sampai dengan triwulan IV atau hingga Desember 2021.

Guna mengendorkan beban penduduk di kurun PPKM Darurat, Pemerintah memperlihatkan potongan harga tarif tenaga listrik sebesar 50 persen terhadap pelanggan listrik kalangan rumah tangga, bisnis, dan industri daya 450 VA, serta potongan harga 25% bagi pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

Menurut Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam informasi resminya, Selasa (20/7), potongan harga akan diberikan secara langsung terhadap konsumen. Pelanggan pascabayar akan mendapatkan potongan harga dengan kepingan langsung pada tagihan rekening listriknya. Sementara untuk konsumen prabayar, potongan harga tarif listrik diberikan dikala pembelian token listrik. Khusus untuk pelanggan prabayar dengan daya 450 VA, stimulus akan ditemukan saat membeli token listrik. Pelanggan tidak perlu lagi mengakses token, baik lewat situs web maupun WhatsApp PLN.

Selain itu, bagi konsumen yang mendapatkan stimulus berupa pembebasan ongkos beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, dukungan stimulus lewat PLN akan dikerjakan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis, dan industri. Potongan sebesar 50% cuma berlaku untuk ongkos beban atau abonemen dan ongkos pemakaian rekening minimum.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari menyampaikan bahwa PLN dan Kementerian ESDM juga membuka layanan pengaduan bagi konsumen terkait stimulus acara ketenagalistrikan ini. Menurut Ida, PLN membuka kanal pengaduan terkait stimulus lewat aplikasi PLN Mobile.

“Kemudian, bila ada pengaduan yang tidak final di kanal pengaduan PLN 123, masyarakat mampu menyampaikan pengaduan konsumen listrik ke Kementerian ESDM lewat konsumen.listrik@esdm.go.id,” terang Ida, Rabu (21/7).

Adapun cara memeriksa gosip terkait stimulus acara ketenagalistrikan yang diperoleh, pelanggan mampu mengakses PLN Mobile. Lalu melakukan beberapa langkah berikut. Dimulai dengan membuka PLN Mobile dan pilih isu stimulus. Kemudian masukan nomor meter/ID pelanggan dan klik kirim. Selanjutnya menyaksikan histori penerimaan stimulus selama periode diskon tarif akan muncul. Untuk pelanggan praba bayar akan timbul link pembelian token melalui PLN Mobile dan memuat informasi stimulus token yang diperoleh sebelumnya. Sementara untuk konsumen pasca bayar akan muncul link untuk membayar tagihan listrik dan menampung isu besaran stimulus yang didapatkan sebelumnya.