Menteri Esdm Berikan Apresiasi Pada Tim Siaga Tragedi Esdm

Jakarta,TAMBANG, Dalam beberapa terakhir, Indonesia dilanda berbagai petaka mulai dari gempa bumi, tanah longsor, dan banjir di beberapa provinsi. Lewat Kegiatan ESDM Siaga Bencana, Kementerian ESDM hadir dan membantu penanangan tragedi tersebut. Tim Siaga ini berasal dari perusahaan-perusahaan tambang dan migas di lingkup Kementerian ESDM.

Bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2021 yang dirayakan setiap 26 April, Menteri ESDM Arifin Tasrif, menawarkan penghargaan kepada 147 perusahaan stakeholder Kementerian ESDM yang telah menugaskan Emergency Response Team (ERT), Tim Logistik, dan Tim Kesehatan. Tim ini atas nama ESDM Siaga Bencana terlibat dalam penanganan bencana di Provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur.

“Kami menunjukkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota tim yang terlibat dalam rangka memulihkan area terdampak akhir tragedi,” ungkap Arifin dalam sambutan yang dilaksanakan secara daring.

Ia menyertakan, apa yang dijalankan oleh tim ESDM Siaga Bencana ialah pelaksanaan dua dari lima nilai budaya organisasi Kementerian ESDM, yakni “Melayani” dan “Berarti”.

“Apa yang sudah dilaksanakan Tim ERT, Tim Logistik dan Tim Kesehatan lewat ESDM Siaga Bencana menciptakan kami gembira. Tentunya apa yang telah dijalankan di lima provinsi tersebut yaitu tindakan tanggap darurat dan kala transisi menuju pemulihan yaitu bentuk bantuan nyata kita terhadap sesama untuk saling membuatkan dan membantu,” jelasnya.

Adapun, yang dijalankan tim ESDM Siaga Bencana mencakup tindakan penelusuran, penyelamatan, langkah-langkah medis, pengobatan termasuk trauma healing, derma alat-alat berat, penyediaan kemudahan air bersih dan derma logistik untuk masyarakat terdampak.

Pada potensi yang sama, Ketua Tim ESDM Siaga Bencana, Saleh Abdurrahman mengungkapkan bahwa penyerahan piagam penghargaan ESDM Siaga Bencana ini diberikan terhadap seluruh seluruh stakeholder yang telah ikut serta dalam aktivitas esdm siaga bencana di lima provinsi.

“Saya memperlihatkan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada 147 perusahaan yang telah membantu ESDM Siaga Bencana,” pungkasnya.

Direktur Teknik dan Lingkungan, Ditjen Minerba Lana Saria berharap semoga semua tim ERT terus mempertahankan kekompakan dan meningkatkan kompetensi. “Jaga terus kekompakan dan optimalkan kompetensi dlm menghadapi keadaan darurat dalam aneka macam kondisi, sehingga penyelamatan, evakuasi korban, upaya medis, penyaluran logistik dan upaya pemulihan pasca gempa dapat dijalankan dengan maksimal,” pesan Lana.

Secara Simbolis, Penyerahan Piagam Penghargaan diberikan kepada tujuh perwakilan tim ESDM Siaga Bencana yang diwakili oleh PT Pamapersada Nusantara, PT Adaro Indonesia, MIND ID (PT Bukit Asam, PT Timah, PT Antam, PT Freeport, PT Inalum), PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Bumi Suksesindo, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Putra Perkasa Abadi yang diberikan secara virtual oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif.