Perkuat Ketahanan Listrik, Medco Power Memulai Operasi Komersial Pltgu Riau Sebesar 275 Mw

JAKARTA, TAMBANG –  PT Medco Power Indonesia (Medco Power) lewat anak perusahaan, PT Medco Ratch Power Riau, perusahaan patungan dengan RATCH Group Public Company Limited memulai operasi komersial Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 MW.

PLTGU ini ialah bagian dari Proyek Strategis Nasional, yang sudah tersambung dengan tata cara kelistrikan Sumatra dan akan memperkuat ketahanan listrik serta menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, terutama di Provinsi Riau dan Sumatra Bagian Tengah.

Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria menyampaikan, pengoperasian PLTGU bab dari pertolongan perseroan terhadap program pemerintah utamanya di bidang sosial dan ekonomi. Dia juga mengapresiasi alasannya proyek tertuntaskan dengan lancar dan aman.

“Penyelesaian proyek PLTGU Riau memperlihatkan komitmen Medco Power mendukung Pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta berbagi portofolio bisnis Gas to Power kami. Saya juga besar hati dengan tim proyek yang dapat menuntaskan proyek penting ini dengan sukses dan aman, PLTGU Riau sudah membukukan 8,6 juta safe man hours,” kata Eka, dalam keterangan tertulis, Selasa (15/2).

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle berbasis teknologi terkini, mempunyai efisiensi tinggi dan memenuhi persyaratan internasional untuk administrasi kualitas lingkungan. Total investasi meraih USD290 juta.

Pihak sponsor juga melakukan pekerjaan sama dengan institusi keuangan internasional mirip Asian Development Bank, International Finance Corporation, MUFG Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation. PLTGU Riau menerima penghargaan untuk klasifikasi Proyek Pembangkit Gas dan Proyek Pembangkit Gas Alam dari Asia Power Magazine.

Senada dengan EKA, CEO Medco Energi, Roberto Lorato mengatakan sungguh senang karena proyek sudah mencapai operasi komersial dengan sukses meski masih dalam kondisi pandemi. Dia juga menyebut bahwa PLTGU bab dari taktik perseroan dalam mempercepat target net zero emission.

“Saya bahagia PLTGU Riau telah meraih operasi komersial dengan aman dan menangani tantangan Covid-19. PLTGU Riau ialah bab dari taktik kami dalam membuatkan portfolio rendah karbon dan mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060, mendukung acara transisi energi Pemerintah,” ungkapnya.