Politeknik Simas Berau Coal Gelar Training Multimedia Dan Rancangan Grafis

Jakarta,TAMBANG, Keahlian di bidang multimedia dan rancangan grafis menjadi salah satu keperluan dikala ini. Ini menjadi argumentasi Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas Berau) secara resmi membuka acara pelatihan multimedia dan rancangan grafis pada hari Sabtu (13/9) di Kampus Poltek Simas Berau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

 

Kegiatan ini merupakan acara beasiswa guna berbagi keahlian dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Berau dalam bidang multimedia dan rancangan grafis.

 

Dalam program pembukaan turut hadir Bupati Berau, H.Muharam S.Pd., M.M, perwakilan administrasi PT Berau Coal dan Poltek Simas Berau serta ajakan dan seluruh peserta pelatihan.

 

“Harapannya kita bisa memperoleh bibit-bibit unggul dan mampu menjadi SDM yang mempunyai kompetensi tinggi serta ahli di bidang multimedia dan desain grafis, nantinya kan mampu membuka lapangan pekertaan atau melatih SDM-SDM lainnya,” ungkap Direktur Poltek Simas Berau, Agustinus Setyawan, S.T., M.M.

 

Agustinus juga menyebutkan kesanggupan penulisan untuk bermacam-macam keluaran baik cetak, daring, serta video, berikut ketrampilan rancangan grafis, fotografi juga videografi yakni kebutuhan yang tak terelakkan di abad multi media.

 

“Perusahaan dengan sumber daya insan yang mandiri dalam keperluan seperti ini, akan memiliki nilai tambah dalam menciptakan keluaran korporat berbasis ide inovatif. Mereka akan leluasa menampilkan citra perusahaan lewat bermacam-macam karya. Jika ingin berwirausaha pun, kesempatan terbuka luas, mengingat ada begitu banyak hal kasatmata di Berau yang menunggu sentuhan kreatif biar dapat dimengerti dan bermanfaat bagi publik luas,” ujarnya.

 

Sebanyak 30 orang peserta akan mengikuti pembinaan selama 4 bulan mulai tanggal 16 September 2019 hingga 13 Januari 2020 mendatang. Seluruh peserta usia dibawah 25 tahun dan ialah lulusan Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan di Kabupaten Berau. Mereka juga telah melalui proses seleksi ketat sebelum kesannya terpilih menjadi akseptor sekaligus penerima beasiswa pembinaan.

 

Peberi training yakni orang yang jago dan kompeten di bidang multimedia dan desain grafis dari Jakarta. Metode pelatihan pun dibuat 20% teori dan 80% praktek. Beberapa bahan  yang mau dipelajarai diantaranya scriptwriter, graphic design, photography, dan videography.

 

Sebelum membuka pembinaan, Bupati Berau, Muharram menyampaikan, di era digital saat ini, pembekalan tentang multimedia dan desain grafis memang sungguh dibutuhkan. Karena dengan bekal wawasan tersebut, akan membantu pelajar maupun pemuda Berau dalam mencari pekerjaan nantinya. Bahkan bisa menjadi modal untuk membuka lapangan kerja.

 

“Ini sungguh langka. Maka dari itu, saya berharap kepada para pelajar yang mengikuti acara ini agar mampu mengetahui dengan benar dan serius. Karena kesempatan seperti ini tidak tiba dua kali,” ujarnya.

 

Salah seorang peserta, Muhammad Faisal Febriadi yang berasal dari Maluang mengucapkan terima kasih terhadap pihak Sinas Mas dan Berau Coal karena telah membuka program training pelatihan multimedia dan desain grafis tersebut.

 

“Pelatihan mirip ini sangat dibutuhkan. Saya sendiri merasa sangat terbantu, sebab tujuan saya mengikuti training ini untuk menjadi seorang wirausaha.Saya mengucapkan terima kasih sudah mampu lolos. Harapan saya, semoga melalui training ini mampu menjadi seorang wirausaha,” tuturnya.

 

Nantinya, para peserta yang mengikuti acara dengan baik dan lulus akan mendapatkan akta dan bagi lulusan terbaik akan menerima kesempatan untuk bergabung dengan Sinar Mas Mining, atau mampu memperkuat tim Genflix, salah satu aplikasi streaming nonton online besutan Sinar Mas.