Pt Timah,Tbk Unit Metalurgi Muntok Sukses Raih Proper Emas

Jakarta,TAMBANG,-PT Timah,Tbk Unit Metalurgi Muntok sukses menjangkau penghargaan PROPER EMAS tahun 2021. Ini merupakan penghargaan lingkungan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pengarhargaan ini diberikan dalam acara Anugerah Program Peringkat Kinerja Pengelolaan PROPER Lingkungan Perusahaan Tahun 2021 yang dijalankan Selasa (28/12/2021).

Penghargaan PROPER EMAS ini diterima eksklusif oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Tbk, Alwin Albar yang turut disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

PT Timah,Tbk meraih PROPER EMAS bareng dengan 47 perusahaan lainnya, dimana sebelumnya dua tahun berturut-turut Emiten Berkode TINS ini berhasil menjangkau PROPER HIJAU.

Selain PT Timah,Tbk Unit Metalurgi Muntok yang menjangkau PROPER EMAS, PT Timah,Tbk Wilayah Operasional Kundur dan PT Timah,Tbk Unit Penambangan Belitung Batu Besi juga berhasil meraih PROPER HIJAU tahun 2021. Sementara itu ada lima unit di PT Timah Tbk yang menjangkau PROPER BIRU ialah tiga Unit di Produksi Darat Bangka (UPDB) 3, Unit Produksi Belitung (UPB), dan Unit Penambangan Timah Primer (UPTP) Tambang Pemali.

Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun ini melaksanakan evaluasi pada 2.583 perusahaan dengan evaluasi katagori hitam, merah, biru, hijau dan emas. Adapun perusahaan yang menjangkau PROPER Merah sebanyak 645 perusahaan, PROPER Biru sebanyak 1.670 Perusahaan, PROPER Hijau bagi 186 perusahaan dan PROPER Emas Sebanyak 47 Perusahaan.

Diraihnya PROPER EMAS menunjukkan akad dan pertumbuhan PT Timah,Tbk dalam aspek pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dimana ada beberapa faktor yang menjadi penilaian mirip tingkat ketaatan perusahaan lingkungan kepada peraturan lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan angka ketaatan perusahaan pada 2021 kepada peraturan lingkungan hidup berada di angka 75 persen meski di tengah pandemi Covid-19.

“Evaluasi tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan menunjukkan kinerja yang terlihat cukup mengasyikkan, walaupun dalam periode pandemi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi terhadap para akseptor PROPER yang sudah menunjukkan komitmennya dalam pengelolaan lingkungan dalam mengerjakan usaha.

“Selamat terhadap perusahaan akseptor PROPER katagori baik, anda adalah sumber pandangan baru dan motivasi alasannya adalah berhasil mengurus lingkungan hidup yang lestari. Bagi KLHK selama dan masih banyak pekerjaan berat yang harus dilaksanakan untuk menemani lingkungan hidup yang lestari. Tidak hanya melibatkan dunia perjuangan namun juga lainnya dalam rangka menyelamatkan lingkungan dan bumi,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar Baswedan menyampaikan, ini merupakan tahun pertama PT Timah Tbk meraih PROPER Emas, hal ini merupakan usaha konkrit PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan penduduk .

“Perusahaan terus berusaha maksimal untuk memajukan penemuan pengelolaan lingkungan yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan pertambangan ternama yang ramah lingkungan,” katanya.

Menurutnya, dengan diraihnya PROPER Emas ini dapat terus memacu semangat inovasi perusahaan dalam meningkatkan kriteria pengelolaan dan pelestarian lingkungan serta pemberdayaan penduduk .

“Perusahaan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan yang maksudnya untuk memperluas cakupan pengelolaan lingkungan yang diintegrasikan dengan proses bisnis perusahaan. Kita berusaha untuk mampu menjaga PROPER Emas ini,” tutupnya.