Sepanjang Februari, Anak Perjuangan J Resources Habiskan Usd482,972 Untuk Kegiatan Eksplorasi

Jakarta,TAMBANG, Anak usaha PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB), PT J Resources Bolaang Mongondow (PT JRBM) mengalokasikan  dana eksplorasi selama Februari 2021 sebesar USD482,972. Dana tersebut dipakai untuk aktivitas eksplorasi di Blok Bakan, Desa Bakan, Desa Matali Baru, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow. Dan di Desa Tobayagan, Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabuptan Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.

Di sepanjang bulan Februari  konsentrasi aktivitas pengeboran dikerjakan di Jalina, Tapagale, Campsite dan Mainridge. Kegiatan pengeboran telah meraih kedalaman 3.996,70 meter dari yang direncanakan kedalaman 18.100 meter. Fokus kegiatan dikerjakan di area Jalina-Tapagale dengan menuntaskan 13 lubang pengeboran inti dan 2 lubang masih dalam proses pengeboran. Total kedalaman 2.070,10 meter. Dari acara ini ada sebanyak 2.141 sampel inti pengeboran yang telah diantarkan untuk dianalisa.

Metode pencarian mengikuti kecenderungan arah mineralisasi dan alterasi sesuai dengan arah dari data yang telah didapat sebelumnya. Juga menyelidiki kesempatan lain berdasarkan penafsiran data-data permulaan berdasarkan kaidah-kaidah ilmu geologi untuk memperbesar sumber daya dari area ini.

Adapun tata cara yang dipakai ialah tata cara geolistrik yang ialah salah satu metode geofisika yang dapat digunakan untuk eksplorasi mineral, penelitian panas bumi dan yang lain. Metode ini didasarkan terhadap sifat kelistrikan alami dari batuan dan mineral. Metode survey geofisika yang dilakukan di area Jalina-Tapagale ketika ini adalah sistem survey geolistrik resistivity dan chargebility yang bertujuan untuk mendeteksi kedatangan badan silika dan kandungan besi sulfida (pirit) di bawah permukaan.

Umumnya area pengambilan data di area tengah Tapagale didominasi oleh lubang penambang, selain itu area tersebut didominasi perkebunan lokal.  Di beberapa daerah, topografi curam dengan material buangan penambang.

Sementara di Bulan Maret, Perseroan masih akan melanjutkan acara pengeboran inti di area Jalina-Tapagale, Campsite dan Mainridge untuk mencari sumber daya baru. Selain itu juga melanjutkan analisa dan interpretasi geologi permukaan di area Jalina dan Tapagale. Lalu melanjutkan analisa spektral SWIR (short wave infra red) untuk seluruh sampel dari area Jalina dan Tapagale. Dan melanjutkan survey geofisika lanjutan di area Jalina dan Tapagale yang belum tercover pada kegiatan sebelumnya.