Shell Lubricants Luncurkan Bermacam-Macam Produk Ramah Lingkungan

Jakarta,TAMBANG, Shell Lubricants Indonesia berkomitmen mendukung kawan usahanya untuk terus bertumbuh lewat produk-produk bermutu. Hal ini ini disampaikan Andri Pratiwa, Director Shell Lubricants Indonesia dalam acara pelatihan bertajuk “Potential in Motion”.

“Shell Lubricants berkomitmen menghadirkan produk-produk berkualitas dan kreatif untuk mendukung kinerja mesin, termasuk mesin industri modern. Di kala pandemi, bisnis pelumas Shell memegang peranan penting dalam mendukung operasi bisnis dengan memasok produk-produk premium yang menjamin efisiensi operasi mesin,”terperinci Andri.

Tahun ini lanjut Andri, Shell Lubricants Indonesia menghadirkan tujuh produk terbaru yang akan menunjukkan nilai maksimal bagi operasional mesin mulai dari rangkaian produk pelumas, gemuk, dan coolant (pendingin radiator).

Tidak hanya itu dalam mendukung Paris Agreement terkait upaya menahan laju pemanasan global, Shell meluncurkan rangkaian produk pelumas yang netral karbon (carbon neutral). Rangkaian produk netral karbon yang tersedia di Indonesia antara lain Shell Gadus S5, Shell Omala S4 WE, Shell Omala S4 GXV, Shell Mysella S5, dan Shell Rimula R6 LM.

Secara global, Shell menargetkan untuk menjadi perusahaan energi dengan emisi net-zero pada tahun 2050. Juga berkomitmen melakukan carbon offset terhadap lebih dari 200 juta liter pelumas setiap tahunnya.

“Kami menyadari bahwa semakin banyak pelaku bisnis yang mencari solusi untuk melaksanakan usahanya secara lebih ramah terhadap lingkungan. Karena itu, Shell ingin menolong dengan menawarkan rangkaian produk yang memungkinkan operasional bisnis sehari-hari mereka berlangsung lebih efisien dan rendah emisi,” lanjut Andri.

Untuk mendukung pembangunan infrastruktur kereta api, Shell Lubricants menghadirkan Shell Gadus Rail S2 Traction Motor Bearing untuk alas motor lokomotif. Juga Shell Gadus S3 High Speed Coupling yang didesain untuk aplikasi gear coupling dengan tambahan sumbangan dan tahan terhadap temperatur tinggi.

Di sektor pembangkit listrik, Shell menunjukkan dukungan dengan meluncurkan produk baru Shell Turbo S5 DR adalah pelumas turbin sintetis tahan api terutama untuk aplikasi system electrohydraulic control. Pelumas ini diperlukan pada sistem hidrolik dan turbin yang rentan terhadap ancaman api, membantu menjaga kehandalan tata cara dan keamanan operasional pembangkit listrik berbasis turbin. Hadir pula Shell Turbo Revive untuk memperpanjang kala pakai oli serta interval pemeliharaan sistem operasi.

Shell juga mendatangkan produk Naturelle Hydraulic Fluid yang merupakan pelumas hidrolik sintetis ramah lingkungan dan memiliki ketahanan yang bagus terhadap api. Produk ini telah dikembangkan dan dirancang untuk kinerja pelumas yang superior sekaligus mudah terurai secara hayati sehingga kondusif bagi lingkungan.

Sebagai komitmen untuk menjadi penyedia solusi lubrikasi menyeluruh, Shell Lubricants tidak hanya menghadirkan produk pelumas dan gemuk, tetapi juga produk pendingin radiator terbaru  yaitu Shell Coolant Long Life Plus HD dan Shell Coolant Premium MV. Kedua produk ini juga hadir dalam bungkus drum khusus yang lebih ramah lingkungan.

Dian Andyasuri, President Director Country Chair Shell Indonesia ketika membuka seminar yang dihadiri 300 penerima mengatakan Shell memantapkan posisi Shell Lubricants Indonesia selaku perusahaan pemasoksolusi lubrikasi secara menyeluruh (end-to-end) di Indonesia.

Ia menghubungkan dengan komtimen Pemerintah Indonesia untuk masuk ke abad industri 4.0 dan kesiapan Shell dalam mendukung pelaku perjuangan menuju ke sana. “Dengan pengalaman panjang yang kami miliki dan semangat ‘Shell untuk Indonesia’, kami yakin Shell Lubricant Solutions dapat menimbulkan Shell mitra strategis pemerintah serta para pelanggan kami dalam mendorong perkembangan industri tanah air dan siap menghadapi tantangan baru di kurun depan.”tandas Dian.

Layanan Prima melalui Shell Services

Tidak hanya lewat produk berkualitas, Shell Lubricants juga menentukan akan menawarkan penyelesaian perawatan. Bambang Wahyudi, VP Technical Shell Lubricants  mengatakan sejak Industri 4.0 dicanangkan, pabrikan mesin di seluruh dunia terus berinovasi untuk memenuhi keperluan pasar.

“Akibatnya, kebutuhan perawatan mesin pun menjadi kian unik dan bermacam-macam di banyak sekali lini industri, seiring dengan berkembangnya seni manajemen perawatan bagian dari preventif menjadi prediktif.”ungkap Bambang

Untuk mendukung hal ini, Shell Lubricants secara global bertransformasi dari penyuplai pelumas menjadi pemasoksolusi menyeluruh. Demikian juga dengan Shell Lubricants Indonesia yang meluncurkan layanan yang diberi nama ‘Shell Services’.

‘Shell Services’ menunjukkan lima layanan utama untuk sebagai penyelesaian perawatan mesin terbaru. Pertama, Shell LubeCoach yaitu layanan Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) berupa pembinaan staf untuk mengembangkan wawasan serta kemampuan wacana pelumas dan Teknik pelumasan. Layanan pelatihan ini diberikan oleh pelatih dan pakar teknis Shell dengan pengalaman lebih dari 15 tahun.

Kedua yakni Shell LubeExpert adalah layanan untuk mengembangkan optimisasi pelumas. Termasuk di dalamnya yaitu penemuan modern Shell, yakni Shell Engine Rating yang ialah perawatan komponen peralatan utama, evaluasi keadaan komponen, serta anjuran peningkatan umur bagian dan konsumsi pelumas.

Layanan Ketiga yaitu Shell LubeOptimiser ialah layanan pengkondisian pelumas yang bertujuan meminimalisir risiko kontaminasi pelumas demi menerima kinerja mesin yang optimal. Layanan ini mencakup filtrasi/separasi, pembilasan, mitigasi varnish, dan kekurangan cairan tubuh.

Layanan keempat yang ditawarkan oleh Shell Services adalah Shell LubeAnalyst yaitu pemantauan kondisi pelumas di laboratorium yang bermaksud untuk mengetahui kondisi pelumas, menolong memprediksi kegagalan, dan menghemat waktu henti perlengkapan. Dan layanan kelima adalah Shell Digital Platform ialah solusi dan aktivitas digital untuk meningkatkan produktivitas dan pemeliharaan peralatan.

Shell telah melakukan pekerjaan sama dengan tak kurang dari 8,000 pelaku bisnis dari aneka macam sektor  industri selama puluhan tahun di Indonesia. Sebanyak 264 value improvement project dilaksanakan selama 7 tahun terakhir. Dari sana lalu diperoleh total pengurangan mencapai USD 11 juta yang sudah dinikmati para pelanggan Shell.

Bambang Wahyudi menyampaikan bahwa produk dan layanan dari Shell Services akan menambah nilai faedah pada operasional mesin, apapun industrinya dan apapun spesifikasi perlengkapan yang dipakai. Shell mengerti pentingnya menggerakan kesempatanyang ada untuk mampu terus mendukung bisnis para mitra serta konsumen berkembang dan menjadi bab dalam merealisasikan industri yang kuat di Indonesia.