Tingkatkan Daya Saing, Abm Investama Perkuat Penerapan Esg

Jakarta,TAMBANG, Perusahaan pertambangan dan energi terintegrasi PT ABM Investama menyatakan akad meminimalkan efek pergantian iklim. Perubahan iklim diyakini sebagai salah satu risiko dalam aset usahanya. Oleh karena itu, ABM selalu berusaha mengurus kegiatan operasionalnya dengan berlandaskan pengelolaan Environment, Social and Governance (ESG) yang baik.

Berbagai langkah dan taktik dalam penerapan ESG yang baik terus dikerjakan secara terintegrasi oleh ABM dan seluruh entitas anak usahanya. Konsistensi dalam penerapan ESG ini membuahkan apresiasi berbentukpenghargaan kategori Gold pada ajang Penghargaan Emisi Korporasi 2021. Penghargaan ini diberikan salah satu holding Media terbesar di Indonesia

Direktur Utama ABM Investama Andi Djajanegara menerangkan, makin besarnya perhatian yang diberikan pada aspek manajemen, lingkungan, dan sosial dalam memilih keberlanjutan usaha telah mendorong Perseroan untuk mewariskan nilai faktual yang memiliki dampak luas menuju ke masa depan.

“ABM selalu berkomitmen untuk mengembangkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan. Kami yakin bahwa penerapan ESG yang berpengaruh pada perusahaan mampu mendukung upaya mitigasi pergantian iklim, yang berujung pada peningkatan kinerja secara berkesinambungan dan juga daya saing yang lebih baik bagi perusahaan, beserta seluruh entitas bisnisnya,” ungkap Andi.

Andi menjelaskan penerapan ESG yang bagus sangatlah diperlukan dalam menunjang keberlangsungan bisnis secara berkelanjutan. Terlebih dalam menghadapi kurun pandemi COVID-19 yang turut mempunyai efek pada seluruh sektor ekonomi dan sendi kehidupan.

“Dalam menghadapi pandemi COVID-19, ABM berupaya tetap mempertahankan keselamatan pekerja dan seluruh pemangku kepentingan di seluruh kawasan operasinya dengan menerapkan protokol kesehatan dan pemeriksaan bersiklus terhadap karyawan di lokasi operasi, penerapan kebijakan melakukan pekerjaan dari rumah pada karyawan non-operasi pertambangan, pinjaman derma terhadap satuan peran penanganan COVID-19 di daerah operasi pertambangan, berupa penyediaan alat kesehatan, sosialisasi pencegahan, dan derma logistik,” tambahnya.

Komitmen ABM dalam menerapkan ESG kian diperkuat dengan adanya aneka macam perhargaan lain yang berhasil diperoleh di sepanjang tahun 2020, penghargaan Perusahaan Bintang 4 dan TOP Leader CSR dari TOP CSR Award 2020, penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori Inspirator Rehabilitasi DAS, serta penghargaan ESG AWARD 2020 peringkat terbaik untuk keterbukaan ESG emiten sektor investasi.

Pencapaian tersebut ialah wujud taktik keberlanjutan bisnis yang konsisten dilaksanakan. Baik secara internal yakni pemanfaatan listrik tenaga surya, penggunaan alat pertambangan termutahir yang efisien dan lebih ramah lingkungan, maupun secara eksternal lewat pelibatan dan pemberdayaan penduduk berbasis lingkungan, ialah acara kemandirian dan ketahanan pangan lingkar tambang “OVOP (One Village One Product)”, serta rehabilitasi dan pelestarian ekosistem tempat lahan kritis di Daerah Aliran Sungai (DAS) mulai dari tempat hulu sampai pelestarian terumbu karang.

Penerapan ESG menjadi landasan ABM beserta seluruh entitas anak usahanya, terutama dalam hal transparansi tata kelola yang baik melalui laporan keberlanjutan, demi mendukung upaya pemerintah untuk meraih sasaran-sasaran tujuan pembangunan berkesinambungan/SDGs nasional (Sustainable Development Goals).