Alasan para pengusaha harus memiliki truk Hino

 

Truk merupakan salah satu alat transportasi yang penting dalam pendistribusian barang dari satu daerah ke daerah lainnya. Salah satu merek truk yang banyak digunakan adalah truk Hino. Selama bertahun-tahun sejak kehadirannya di Indonesia, Hino Motors Manufacturing Indonesia telah mengembangkan tiga seri truk.

Dari ketiga seri tersebut, muncullah truk Hino kargo, truk Hino dump, Hino head tractor, atau Hino mixer. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih truk Hino yang bagus beserta sepuluh rekomendasi tipe truk terbaik. Simak sampai habis dan dapatkan truk yang paling Anda butuhkan!

Truk Hino di Indonesia

Hino mulai masuk di Indonesia sejak tahun 1967. Lalu, bagaimana perkembangan Hino hingga saat ini? Berikut ini, kami telah merangkum beberapa poin penting mengenai hal tersebut.

Perkembangan truk Hino di Indonesia hingga saat ini

Awal kehadiran Hino di Indonesia dimulai dari bus yang dihibahkan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1967. Seiring perjalanan waktu, kebutuhan transportasi darat di Indonesia makin meningkat. Pada awal dekade 1970-an perakitan kendaraan Hino dimulai. Selanjutnya, pada tahun 1982, PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia didirikan.

Truk Hino pertama yang diluncurkan pada pertengahan dekade 1980-an adalah truk Hino Ranger FF series. Selanjutnya, PT HMMI juga meluncurkan truk FL dan FM pada awal tahun 1990-an. Truk inilah yang menjadi awal kesuksesan Hino di Indonesia. Maka, tak heran bila dalam kurun waktu sekitar 39 tahun Hino telah memproduksi 500.000 unit kendaraan segala tipe.

Bahkan, Hino memproduksi truk diesel hybrid secara massal pada tahun 2019. Keunggulan truk diesel hybrid ini adalah konsumsi bahan bakar lebih hemat daripada jenis truk lainnya. Alasannya, truk bekerja dengan memadukan bahan bakar solar dan baterai. Tak hanya itu, tingkat emisi yang dikeluarkan lebih rendah sehingga mendukung gerakan ramah lingkungan.

Alasan para pengusaha harus memiliki truk Hino

Saat akan membeli sebuah truk, Anda tidak bisa hanya memilih berdasarkan rasa suka terhadap body dan desain truk. Oleh karena truk digunakan sebagai alat untuk meraih keuntungan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tipe truk memiliki track record yang bandel atau tidak mudah rusak
  • Tidak perlu terlalu sering melakukan perbaikan
  • Kapasitas besar sehingga mampu mengangkut barang dalam jumlah banyak
  • Suku cadang mudah didapatkan dan tersedia di berbagai tempat

Salah satu produsen transportasi niaga yang dapat diterima karena memenuhi karakteristik di atas adalah Hino. Alasannya, Hino mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan konsumennya dengan baik.

Keunggulan truk Hino sebagai alat transportasi dan pengangkut barang

Truk Hino kadang disebut sebagai truk penguasa jalanan atau raja jalanan. Perhatikan saja ketika Anda sedang berkendara di jalan raya, Anda akan sangat mudah menemukan truk bermerek Hino ini. Banyaknya pengusaha yang memilih truk Hino ini tidak lepas karena truk Hino memiliki beberapa keunggulan.

  • Memiliki variasi truk dengan bermacam-macam spesifikasi dasar. Fitur-fitur dasar yang disediakan Hino dapat menjawab kebutuhan setiap pengemudi saat menggunakan truk untuk mengirim barang. Fitur-fitur yang sering diperhatikan adalah torsi panjang, performa terbaik, dan kapasitas muatan yang banyak.
  • Hemat bahan bakar. Pada truk diesel, Truk Hino merupakan truk dengan konsumsi bahan bakar yang cukup rendah. Sebut saja Hino 700 Profia yang memiliki kapasitas tangki sebear 330 liter dan cukup untuk beberapa kali perjalanan. Ada pula truk hybrid yang lebih hemat karena memadukan bahan bakar solar dan tenaga baterai.
  • Kabin yang luas. Perjalanan mengirimkan logistik tidak terbatas di dalam kota saja. Pengiriman dapat dilakukan selama beberapa hari hingga hitungan minggu. Untuk itu, kabin yang luas dapat menjadi pertimbangan penting bagi pemilik perusahaan. Alasannya, selain digunakan sebagai tempat mengemudi, kabin juga digunakan sebagai tempat istirahat pengemudi.
  • Dilengkapi brake system dan antilock brake system (ABS) untuk pengereman yang stabil. Brake system adalah sistem pengereman yang membuat proses pengereman lebih kuat. Sementara itu, antilock brake system merupakan sistem yang membuat proses pengereman menjadi lebih stabil. Perpaduan keduanya dapat meminimalkan risiko kecelakaan.

Cara memilih truk Hino

Truk Hino memang sudah memiliki tempat tersendiri sebagai alat angkutan niaga yang diperlukan para pengusaha. Di bawah ini, kami akan menjelaskan mengenai seri-seri truk Hino secara lebih detail dan cara memilihnya.

Ketahui seri-seri truk Hino yang ada di pasaran

Seperti pembahasan kami sebelumnya, truk Hino tersedia dalam beragam tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan jenis usaha dan barang-barang yang akan diangkut oleh truk.

Hino 300 Dutro: Truk kecil dengan teknologi yang canggih dan nyaman digunakan

Truk Hino 300 Dutro versi terbaru yang beredar di pasaran saat ini merupakan jenis truk kecil dengan sistem pengoperasian yang canggih. Keunggulan yang dimiliki truk tipe ini antara lain:

  • Chasis dengan suspension long taper leaf. Hal tersebut membuat truk memiliki daya tahan dan fleksibilitas tinggi ketika berada di jalan yang tidak rata.
  • Desain aerodinamis. Sudut kaca depan dan desain kabin yang miring membuatnya makin aerodinamis dan hemat bahan bakar.

Selain itu, terdapat tiga tipe truk, yakni truk cargo, truk dump dan truk mixer. Berikut ulasannya.

  • Cargo truck adalah truk yang dilengkapi dengan karoseri berupa box. Pada umumnya, jenis truk ini digunakan sebagai truk pengangkut barang atau logistik. Batas maksimal berat total kendaraan tunggal ditambah beban muatan (GVWR) truk Hino Dutro ini antara 7–7,5 ton.
  • Dump truck merupakan truk dengan bak terbuka di bagian belakang. Pada umumnya, dump truck akan digunakan untuk mengangkut material, seperti pasir, kerikil, batu, atau sejenisnya. Hino 300 Dutro dump truck sendiri dilengkapi dengan bak terbuka yang berkapasitas 8–12 ton.
  • Mixer truck, merupakan truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer. Fungsi dari concrete mixer ini adalah untuk mengaduk campuran beton supaya beton tetap homogen dan tidak mengeras. Hino menawarkan truk mixer dengan kapasitas GVWR sebesar 8,2 ton dengan panjang cargo 4,48 meter.

Hino 500 Ranger: Truk berukuran sedang yang memberikan keuntungan maksimal bagi pemiliknya

Truk Hino 500 Ranger merupakan truk terbaik dan banyak dicari untuk segmen medium duty. Untuk Anda yang melakukan bisnis tanpa henti, 24 jam dalam tujuh hari, pilihlah seri ini. Hal ini berkat adanya pompa mekanis yang mampu bekerja secara efisien. Dipadukan dengan common rail, truk akan bekerja secara stabil dan optimal dalam kondisi apa pun.

Hino 500 Ranger ini memiliki empat tipe, yakni cargo, dump, mixer, dan tractor head. Selain memiliki kinerja lebih kuat, tipe cargo, dump, dan mixer Hino 500 series memiliki kapasitas yang lebih besar. Konstruksi rangkanya yang lebih lebar pun dapat diandalkan dan memiliki daya tahan yang baik.

Sementara itu, tipe tractor head dilengkapi coupler yang membuat tractor head dapat berganti semitrailerdengan cepat dan mudah. Bahkan fitur ini membuat proses berbelok menjadi lebih aman. Ada pula konektor trailer, lampu kerja pada bagian belakang, rem trailer, dan lainnya. Untuk itu, Hino 500 Ranger tractor head sering digunakan sebagai car carrier, tangki trailer, atau prime mover flatbed trailer.

Beberapa keunggulan lain Hino 500 Ranger adalah:

  • Muatan lebih besar hingga 26 ton.
  • Desain kabin semi-floating meminimalkan getaran fan sehingga pengemudi tidak cepat lelah.
  • Sistem pengereman yang dapat diandalkan.

Hino 700 Profia: Truk yang tangguh digunakan pada medan off-road

profia

Seri ketiga Hino adalah Hino 700 Profia yang termasuk dalam kategori heavy duty truckMesinnya dapat bekerja secara sangat efisien. Dipadukan dengan desain truk yang mampu mengurangi aliran udara, truk ini tetap hemat bahan bakar bahkan dalam kecepatan tinggi.

Seri 700 Profia juga umumnya dilengkapi dengan differential lock agar aman saat digunakan di medan berpasir atau berlumpur. Oleh sebab itu, Hino 700 Profia menjadi pilihan terbaik untuk mengangkut muatan di medan off-road atau daerah tambang. Sayangnya, hingga saat ini Hino Profia belum bisa dibeli secara online melalui ecommerce sites.

Sesuaikan tipe transmisi truk dengan kebutuhan usaha

Hino menawarkan truk dengan dua jenis transmisi, yaitu truk bertransmisi manual dan transmisi otomatis. Truck bertransmisi manual hingga saat ini masih banyak dicari karena mudah dirawat dan harga komponennya relatif lebih murah. Hal tersebut membuat Anda dapat menekan biaya operasional.

Truk bertransmisi otomatis buatan Hino juga sebenarnya memiliki keunggulan yang perlu Anda pertimbangkan. Transmisi otomatis menjadikan truk lebih stabil dan mudah dikendarai. Meski begitu, truk dengan transmisi manual tetap merupakan primadona dan paling umum dijual secara online melalui ecommerce sites.

Cari tahu luas atau kapasitas kabinnya

Kabin merupakan ruang bagian penumpang dan pengemudi, di dalamnya terdapat berbagai macam komponen untuk menjalankan truk. Selain itu, kabin juga digunakan sebagai tempat istirahat pengemudi setelah perjalanan seharian. Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengemudi, ukuran kabin harus diperhatikan dengan baik.

Hino menawarkan kabin dengan ketinggian 2,2 meter, lebar 1,1 meter, tinggi depan 1,95 meter, dan tinggi belakang 1,4 meter. Selain itu, umumnya tempat duduknya menggunakan material yang terbuat dari baja S5C. Selain itu, tergantung seri yang dipilih ada keunggulan tertentu yang bisa dirasakan pengemudi truk.

  • Hino 300 Dutro: Bukaan pintunya luas dan kursinya menggunakan bahan karpet khusus.
  • Hino 500 Ranger: Ada pegangan besar pada bagian pilar kursi pengemudi, suspensi berkonstruksi semi-float (tipe karet) untuk meredam getaran jalan.

 

 

SUMBER : my-best.id