Bareng Thriveni Resomin, Ilahi Bentuk Perusahaan Patungan

Jakarta, TAMBANG – PT Darma Henwa Tbk (DEWA) melakukan pembentukan perusahaan patungan dan kolaborasi konsultasi jasa pertambangan dengan perusahaan kontraktor jasa pertambangan Thriveni Resomin Pte. Ltd.

 

Perjanjian ini ditandatangani oleh Presiden Direktur Darma Henwa Saptari Hoedaja dan Managing Director Thriveni Earthmovers Pvt. Ltd. Balasubramanian Prabhakaran, di Bakrie Tower, Epicentrum, Sabtu, (21/12).

 

Dalam Perjanjian Pembentukan Perusahaan Patungan, Perseroan dan Thriveni secara bahu-membahu akan membentuk anak usaha patungan (joint venture), yang bergerak di bidang penyediaan alat berat, perawatan alat berat, dan jasa lainnya. Perusahaan joint venture tersebut pada nantinya diharapkan mampu membangun engingeering excellence center yang hendak disediakan di Bengalon, Kalimantan Timur.

 

Corporate Secretary Darma Henwa, Mukson Arif Rosyidi mengungkapkan dalam kesepakatankonsultasi jasa pertambangan, Thriveni akan menawarkan jasa konsultasi pertambangan kepada Darma Henwa, untuk menolong dan meningkatkan efisiensi operasional, efisiensi biaya, memajukan volume buatan serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan proyek. Hal ini diperlukan bisa mengembangkan kinerja dan produktivitas Darma Henwa pada proyek-proyek batubara maupun pada proyek-proyek pertambangan mineral yang akan diperoleh Perseroan di periode mendatang.

 

“Perjanjian ini dikerjakan selaku upaya Darma Henwa melakukan ekspansi bisnis ke bidang pemeliharaan, servis, serta rekayasa teknik peralatan pada alat berat dan mesin pertambangan, dan juga mengembangkan kinerja dan produktivitas pada proyek-proyek batubara maupun non-batubara,” ungkap Mukson, Senin (23/12).

 

Thriveni Group merupakan perusahan jasa pertambangan terkemuka di India yang telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun. Perusahaan ini juga memiliki keahlian pada bidang pemeliharaan, servis, rekondisi, peremajaan, rekayasa teknik untuk alat berat dan mesin pertambangan.

 

Mukson menerangkan ada sejumlah manfaat dari kolaborasi Darma Henwa dan Thriveni. Pertama, tercipta pengembangan perluasan bisnis yang menjanjikan ialah penyediaan dan perawatan alat berat yang mampu mendukung aktivitas Perseroan sebagai penyedia jasa kontraktor pertambangan lazim.

 

“Kedua, adanya nilai tambah gres dari sisi perawatan alat berat yang lebih efisien dan efektif. Ketiga, terjadi sinergi nyata bersama Thriveni yang berefek pada kenaikan kompetensi pada industri penyuplaijasa pertambangan di Indonesia,” lanjut Mukson.