Borneo Indobara Sabet Penghargaan Top Csr Award 2022

Jakarta, TAMBANG – PT Borneo Indobara sukses menyabet penghargaan Top CSR Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business. Perusahaan tambang kerikil bara yang beroperasi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu, memperoleh tiga tropi sekaligus.

Bahkan, Direktur Utama Borneo Indobara, Bonifasius H menerima penghargaan sebagai Top Leader on CSR Commitment. Dalam sambutannya,  Bonifasius menyebut, acara tanggung jawab sosial perusahaan yang selama ini dilakukan, bukan semata-mata direalisasikan dari sisa laba, melainkan menjadi kesepakatan utama operasi perusahaan semenjak awal.

“Masyarakat sekitar tambang merupakan salah satu stakeholder kami. Program membangun daerah dilakukan bukan dari sisa profit, tapi semenjak awal kami melakukan pekerjaan . Kami yakin dengan kemajuan masyarakat yang lebih baik, maka akan mempunyai efek pada kemajuan perusahaan,” bebernya selepas mendapatkan tropi penghargaan, di Jakarta, Rabu (30/3).

Anak usaha Sinar Mas Group ini, diganjar penghargaan lantaran mempunyai sejumlah program unggulan. Mulai dari kenaikan ekonomi desa, dengan mengembangkan bidang pertanian, perikanan, peternakan dan home industri, hingga peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Misalnya di Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana, Borneo Indobara membangun Puskesmas Rawat Inap Plus, yang setara dengan rumah sakit tipe D. Sehingga penduduk lebih gampang menerima pelayanan kesehatan yang mencukupi dan terjangkau, terlebih bagi pengguna BPJS Kesehatan.

“Kami sungguh-sungguh berkomitmen untuk berkontribusi membangun masyarakat di lingkar tambang. Kalau dihitung-hitung, ongkos CSR yang kami keluarkan selama dua tahun terakhir sama dengan 4 persen net profit kami,” jelas Bonifasius.

Sebagai isu, penghargaan yang mengusung tema “Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustainable Growth itu, digelar dengan melibatkan sejumlah institusi, mirip Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi GRC Indonesia, Corebest , Lembaga Kajian Nawacita, Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro, konsultan GCG, SGL Management, dan Solusi Kinerja Bisnis.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2022, M. Lutfi Handayani mengatakan, penghargaan ini dibarengi oleh 850 perusahaan di Indonesia. Kemudian sebanyak 200 perusahaan mengikuti evaluasi, dan 160 perusahaan menyanggupi evaluasi secara lengkap.

Menurutnya, kegiatan Top CSR Awards merupakan kegiatan evaluasi dan perlindungan penghargaan bidang CSR tertinggi, terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Penghargaan ini diberikan terhadap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai sukses dalam melakukan program CSR yang efektif dan berkualitas.

“Top CSR Awards bukan hanya sekadar kegiatan evaluasi dan pemberian perhargaan semata, tetapi di dalamnya ada banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan mutu dan efektivitas CSR perusahaan,” terperinci Lutfi.