Dinkes Bolmong Dan Bolsel Gelar Vaksinasi Bagi Seluruh Karyawan Jrbm

Jakarta,TAMBANG,- Di tengah situasi jumlah perkara gres covid-19 yang terus meningkat, Pemerintah menggalakan Program Percepatan Vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ditargetkan dalam sehari ada 1 juta warga negara Indonesia yang divaksin selama Bulan Juli. Dalam rangka mendukung acara Pemerintah tersebut, PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) melaksanakan vaksinasi pada seluruh karyawan yang bekerja di site Bakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2020. Rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-tururt.

Dalam acara ini, PT JRBM mendapat dukungan sarat dari Dinas Kesehatan, Kabupaten Bolaang Mongondow serta Bolaang Mongondow Selatan, “Kami sangat berterima kasih pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang telah mendukung sarat kegiatan vaksinasi karyawan PT JRBM. Kami mendapat perlindungan vaksin dan vaksinator.” jelas GM PT JRBM, Irwan Lupoyo.

Ia juga menjelaskan para pekerja sangat bergairah dalam menjalankan vaksin sebab ingin melindungi diri dari bahaya virus COVID-19. “Diharapkan sehabis vaksin nanti semua pekerja mempunyai kekebalan komunal baik di lingkungan kerja di site Bakan maupun di penduduk sekitar.” lanjut Irwan.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow, Erman Pautungan mengatakan vaksinasi ini dijalankan agar semakin banyak penduduk yang terlindungi dari COVID-19 sehingga menekan laju penularan. “Vaksinasi yakni tanggung jawab bareng seluruh masyarakat Indonesia agar cepat terbentuk herd immunity sehingga pandemi ini cepat rampung,” tandas Erman.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Yusuf Detu menyampaikan bahwa ini merupakan kelanjutan dari aktivitas vaksinasi yang sudah dikerjakan di kawasan sekitar tambang.

“Sebelumnya kami sudah melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat biasa di sekitar daerah kerja PT JRBM. Ini merupakan tips-tips kita dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan memajukan immunitas pada penduduk .” jelas Yusuf.

Untuk acara ini, Dinas Kesehatan menugaskan Puskesmas Tanoyan yang mana lokasi PT JRBM masuk dalam daerah kerjanya. “Kaprikornus kami menyediakan baik vaksin maupun vaksinator yang akan melaksanakan acara vaksinasi. Oleh alasannya kekurangan tenaga vaksin maka kita akan lihat jika hari ini bisa teratasi maka cuma hari ini. Tetapi kalau vaksinnya masih ada dan ada pekerja yang belum sempat di vaksin, maka akan dilanjutkan hari berikut.” terperinci Yusuf.

Ia pun berpesan meski telah dijalankan vaksin, protokol kesehatan harus tetap dijaga. “Meski telah divaksin, kami himbau untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.” tandas Yusuf.

Kegiatan vaksinasi ini menjadi bagian dari akad perusahaan untuk melindungi karyawan sebagai asset pentingnya.
“Kesehatan dan keamanan pekerja secara khusus dimasa pandemi ini menjadi prioritas perusahaan. Ini dilakukan melalui banyak sekali cara mulai dari pencegahan dan penerapan protocol kesehatan, kami berusaha membuat lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.” terperinci Edi Permadi, Presiden Direktur PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB). PSAB ialah induk perjuangan dari PT JRBM.