Inalum Dukung Acara Kenaikan Debit Air Danau Toba

Jakarta,TAMBANG,- Saat ini tengah digalakan acara pelestarian danau Toba, salah satu destinasi rekreasi super periritas yang dicanangkan Pemerintah Indonesia. Salah satu program pelestarian tersebut ialah memodifikasi cuaca untuk memajukan debit air danau. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (INALUM) berafiliasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terlibat dalam program ini.

Direktur Pelaksana INALUM, Sophia Isabella Wattimena menerangkan INALUM berkomitmen mendukung acara-acara pelestarian Danau Toba. “Ekosistem lingkungan Danau Toba perlu dijaga untuk memutuskan keberlanjutannya. Wilayah ini merupakan sumber kemakmuran masyarakat disekitar danau dan disepanjang sungai Asahan”tandas Sophia.

Untuk dikenali, teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) merupakan salah satu sistem yang sudah digunakan di banyak sekali negara untuk memajukan curah hujan. Berdasarkan penelitian empiris di aneka macam negara, teknologi ini mampu memajukan curah hujan sebesar 20-30%.

Tim Inalum dan BPPT sudah melaksanakan operasi penerbangan perdana pada 1 April 2021 sampai 29 April 2021 di sekitar kawasan tangkapan air Danau Toba. Jumlah penerbangan penyemaian awan dikerjakan sebanyak 27 kali dan menghabiskan bahan semai flare CoSAT sebanyak 169 batang.

Pelaksanaan acara kala pertama ini telah berhasil memajukan tinggi wajah air Danau Toba sebesar 8,5 CM dan memajukan curah hujan sebesar 36,3 persen. “INALUM siap mendukung untuk pelaksanaan TMC masa kedua pada September 2021. Perusahaan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara ihwal penggunaan materi semai low explosive flare untuk aktivitas ini.” terperinci Sophia.

Opening ceremony Pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dijalankan oleh Direktur Pelaksana INALUM dan Kepala BBTMC BPPT di Siborongborong, Sumatera Utara pada 29 Maret 2021.

INALUM menunjukkan perhatian sarat terhadap pelaksanaan program ini. Perusahaan mengalokasikan personil khusus, keperluan finansial dan koordinasi dengan BPPT.

Sebagai salah satu wilayah strategis penunjang kehidupan, wilayah Danau Toba telah menjadi faktor keberlanjutan yang diperhatikan oleh INALUM. Selain TMC, di bidang konservasi lingkungan, Perusahaan telah menanam 440 ribu pohon di Daerah Tangkapan Air (DTA) seluas 750 hektar sejak 2015 sampai tahun 2020. Upaya ini untuk menjaga kelestarian dana toba sebagai ikon pariwisata terbesar di Sumatera Utara.