Pertamina Ru Balikpapan Siap Penuhi Keperluan Bbm Indonesia Timur

Jakarta,TAMBANG,-Pertamina RU Balikpapan siap mendukung kesiapan dan kelangsungan pemenuhan Bahan Bakar Minyak menjelang libur Idul Fitri. Hal ini disampaikan General Manager RU Balikpapan Eko Sunarno (Senin, 10/05).

Untuk hal ini, RU Balikpapan membentuk tim satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelangsungan produksi dan penyaluran BBM & LPG menjelang dan pasca Idul Fitri Tahun 2021. “Tim ini telah mulai bertugas H-14 hingga nanti H+14 Idul Fitri tahun 2021,” ungkap Eko.

Meski ada larangan mudik, Pertamina RU Balikpapan tetap berkoordinasi dan siap mendukung Pertamina MOR untuk memenuhi keperluan konsumen khususnya di Kalimantan dan Indonesia bagian Timur. “Koordinasi dengan Pertamina MOR yang bertugas menghantarkan BBM ke konsumen terus dikerjakan secara intensif sehingga tugas Pertamina Group mampu dikerjakan secara tuntas, mengolah dan menentukan BBM diterima di pelanggan,” ujar Eko.

“Pertamina juga mengikuti ketentuan dari Pemerintah untuk pekerja tidak mengambil cuti Idul Fitri. Oleh alasannya adalah itu, operasional Kilang ditentukan akan berlangsung mirip biasa,” terang Eko.

Eko menerangkan bahwa ada 3 poin utama yang hendak dipersiapkan. “Dalam menghadapi libur Idul Fitri ini ini, aku meminta tim untuk memutuskan 3 hal utama yaitu kesediaan materi baku berbentukminyak mentah, berikutnya kehandalan kilang serta yang terakhir memutuskan bahwa BBM tersebut dapat terkirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran baik melalui jalur pipa maupun kapal,” jelasnya.

Eko juga menyampaikan bahwa operasional kilang dikala ini berlangsung wajar dan tidak ada hambatan termasuk kemudahan pendukungnya, sehingga produksi BBM tetap berlangsung dengan baik. Termasuk juga optimalisasi pekerja di Kilang. “Rata-rata pengolahan di bulan Mei ini dan diprediksi akan sama dengan bulan sebelumnya di angka 210 ribu barrel per hari,” katanya.

Dalam menjalankan peran ini, Eko menghendaki juga pemberian dari para pemangku kepentingan. “Dukungan sungguh kami kehendaki dari masyarakat di sekitar kilang, Pertamina Group, Aparat Keamanan, KSOP dan semua pihak yang terkait dengan operasional kilang,” harapnya.

“Semoga semua berjalan aman, dan bagi masyarakat yang merayakan lebaran mampu beraktivitas dengan lancar, tertib dan tetap taat protokol kesehatan. Mewakili perusahaan saya juga memberikan selamat menunaikan ibadah puasa dan dalam waktu dekat kita akan menyambut Idul Fitri,” tutupnya.