Kideco Raih 3 Penghargaan Indonesian Mining Association Award 2019

Jakarta, TAMBANG – PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, menjangkau 3 penghargaan. Indonesian Mining Association (IMA) menobatkan Kideco selaku Perusahaan dengan Pembayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) Terbaik, Perusahaan Batubara Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik, dan  Perusahaan Batubara Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Terbaik 2019.

 

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Ketua IMA Ido Hutabarat memberikan pribadi penghargaan tersebut terhadap Managing Director & CEO Indika Energy, Azis Armand.

 

Managing Director & CEO Indika Energy, Azis Armand mengungkapkan ke depannya, Kideco bersama Indika Energy Group akan terus menjajaki kesempatan dan mengoptimalkan keunggulan operasional.

 

“Kami akan terus memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia,” ungkap Azis dalam keterangan resmi, Jumat (22/11).

 

Acara Indonesian Mining Association (IMA) ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan industri pertambangan merupakan salah satu sektor industri yang menunjukkan bantuan besar bagi Negara.  Kontrubusi tersebut melalui peningkatan pemasukan ekspor, peningkatan acara ekonomi, pembukaan lapangan kerja dan sumber pemasukan terhadap pendapatan baik untuk pemerintah tempat maupun pemerintah pusat.

 

Presiden juga mengatakan ketika ini Indonesia tetap membutuhkan batubara untuk banyak sekali hal. “Indonesia membutuhkan batubara untuk berbagai kebutuhan diantaranya untuk pembangkit listrik,” tegas Presiden dalam pidatonya.

 

Sementara itu Ketua Umum IMA, Ido Hutabarat menyampaikan pencapaian sektor pertambangan dan kontribusinya bagi negara patut diapresiasi. Hal ini merupakan bentuk kesepakatan dan hasil perjuangan perusahaan-perusahaan di sektor pertambangan.

 

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM, realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor mineral dan kerikil bara (minerba) hingga 23 September 2019 meraih Rp 29,26 triliun. Realisasi tersebut baru 67,62% dari target yang ditetapkan senilai Rp 43,27 triliun.

 

Sebagai info, Penghargaan IMA digelar setiap tahun sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan tambang dengan kinerja terbaik dalam beberapa faktor. Penghargaan ini sekaligus untuk memberikan motivasi pada semua pihak semoga meningkatkan kinerja masing-masing.

 

Kideco yakni perusahaan batubara milik Indika Energy dan merupakan salah satu yang terbesar dan terefisien di Indonesia. Kideco menargetkan capaian buatan sebesar 34 juta ton pada tahun 2019, dan sampai  Oktober 2019, buatan batubara Kideco sudah meraih 28,7 juta ton. Kideco memasok batubara higienis dan ramah lingkungan untuk pembangkit listrik tenaga uap yang menjadi kunci penggerak roda ekonomi masyarakat Indonesia.