Konsisten Terapkan Esg, Abm Raih Penghargaan Emisi Korporasi 2022

Jakarta, TAMBANG – PT ABM Investama berhasil meraih penghargaan dalam klasifikasi ‘Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Kategori Gold’ pada ajang Penghargaan Emisi Korporasi 2022 yang dikerjakan secara virtual, Jumat (22/4).

Raihan prestasi ini mempertegas akad ABM dalam penerapan Environment, Social and Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Direktur Utama ABM, Andi Djajanegara menjelaskan bahwa perolehan penghargaan kali kedua ini ialah bentuk pinjaman positif Korporasi dalam rangka membangun kesadaran untuk melindungi bumi.

“Perolehan penghargaan ‘Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Kategori Gold’ ini sebagai perwujudan langkah perusahaan dalam mengurus emisi diberikan atas pencapaian perusahaan dalam penerapan prinsip keberlanjutan (sustainability) dan ESG yang bagus”, tutur Andi.

Diraihnya penghargaan terbaru ini menunjukkan kesungguhan ABM dalam penerapan ESG dan SDGs dalam seni manajemen keberlanjutan usahanya. Sebelumnya, ABM juga sudah menerima banyak sekali penghargaan serupa, diantaranya; penghargaan “Bronze Winner” untuk kategori Laporan Perusahaan, sub klasifikasi Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) pada ajang bergengsi tahunan Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2022.

Penghargaan dari ICEA 2022 untuk kategori “Corporate Winner” dengan peringkat “Excellence in Green and Environmental Management” dan “Best Innovations and Initiatives in Global CSR”, peringkat “Silver Rank” pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2021 (ASSRAT).

Lebih lanjut Andi menerangkan bahwa, ABM senantiasa berupaya mengorganisir aktivitas operasionalnya dengan berlandaskan pengelolaan ESG yang bagus dan sejalan dengan SDGs.

“ABM berusaha menawarkan transparansi isu publik yang kredibel untuk seluruh stakeholder-nya lewat Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report). Pelaporan ini ialah bab dari janji ABM dalam upaya untuk mewariskan nilai faktual yang berpengaruh luas seiring ABM melaju ke masa depan yang berkesinambungan,” tutup Andi.

Sebagai info, Ajang Penghargaan Emisi Korporasi 2022 merupakan hasil kerja sama Berita Satu Media Group dan Bumi Global Karbon Foundation yang ialah anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), dan Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD). Kriteria penilaiannya sendiri dikerjakan dengan cara pemeringkatan kepada sejumlah korporasi berdasarkan standar penurunan emisi tertinggi. Selain itu, assurance untuk perkiraan emisi tersebut juga menjadi patokan evaluasi.

Acara sekaligus menjadi rangkaian perayaan Hari Bumi. Adapun tujuan dari penghargaan ini adalah selaku bentuk apresiasi atas Perhitungan dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari banyak sekali sektor industri.