Kuartal Iii-2021, Barrick Gold Catat Laba Sebesar Usd 419 Juta

Jakarta,TAMBANG,- Perusahaan tambang emas asal Kanda Barrick Gold merilis kinerja kuartal III tahun ini. Dalam era ini perusahaan membukukan keuntungan sebesar USD 419 juta. Dibanding kuartal III tahun ini ada penurunan 18%. Bahkan dibanding kala yang sama tahun lalu terjadi penurunan signifikan sebesar 42%.

Penurunan kinerja ini salah satunya alasannya adalah harga emas yang turun dibanding tahun lalu yang sempat mencatat rekor tertinggi. Kala itu harga emas melambung di tengah kecemasan pengaruh pandemi covid-19. Di kuartal III tahun ini harga emas menyentuh USD 1771/oz. Sementara di kuartal II tahun ini harganya masih di level USD 1820/oz. Lalu di kuartal III tahun lalu harga emas ada di angka USD1926/oz.

Dari segi bikinan, Barrick memproduksi 1,09 juta ons dan 3,23 juta ons untuk tahun ini. Produksi tembaga yang dapat diatribusikan untuk kuartal tersebut ialah 100 juta pound dan 289 juta pound untuk tahun ini. Kinerja buatan ini ditopang oleh peningkatan produksi dari tambang di kawasan Afrika dan Timur Tengah serta Amerika Latin. Pada ketika yang serupa, dengan kenaikan kuartal-ke-kuartal Tambang Emas Nevada dan dengan pulihnya operasi pabrik Carlin, diyakini produksi emas Barrick akan meningkat di tahun ini.

Presiden dan CEO Mark Bristow menyampaikan bahwa arus kas operasi sebesar USD1,05 miliar dan arus kas bebas sebesar USD 481 juta untuk kuartal III. Ini akan mendukung neraca yang sudah berpengaruh dan pendanaan prioritas alokasi modal Barrick.