Mifa Bersaudara Tanam Ratusan Pohon Di Meulaboh

Meulaboh, TAMBANG – PT Mifa Bersaudara (Mifa) menggelar serangkaian agresi peduli lingkungan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. Mifa melalukan penanaman sebanyak 650 pohon di areal tambang.

 

Kegiatan yang dilakukan anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABM) ini dilaksanakan mulai 15 Juni kemudian dan rampung pada 29 Juni 2019, yang diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh.

 

Environment Superintendent Mifa Aswan Dewangga mengungkapkan, kebanggaannya menjadi bab dunia untuk melestarikan lingkungan hidup dengan cara melaksanakan penanaman pohon kembali di areal tambang Mifa, yang sudah direklamasi selama dua tahun belakangan ini.

 

“Kampanye ini sebagai janji kami terhadap lingkungan dengan melaksanakan acara pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh,” ungkap Aswan lewat keterangan resmi, Jumat (28/6).

 

Aswan yang juga menjadi Ketua Panitia Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di daerah Mifa mengungkapkan, acara bagi-bagi pohon ini ialah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan meminimalkan polusi udara. Sehingga, semboyan “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dapat terwujud seiap waktu.

 

Menurutnya, acara ini juga untuk memperlihatkan gambaran terhadap kontraktor setempat bahwa tingkat keberhasilan reklamasi Mifa sudah cukup baik. Saat ini areal tambang yang sudah direklamasi selama dua tahun telah mempunyai pohon dengan tinggi sekitar 4-5 meter. “Dengan pertumbuhan pohon di areal tambang berarti meningkatkan bikinan oksigen dan mampu menghemat efek emisi gas rumah kaca,” tambah Aswan.

 

 

Selain melakukan penanaman pohon, kata Aswan, rangkaian program lainnya antara lain melaksanakan Enviro Run-FunBike yang sudah dilaksanakan pada Minggu (23/6). Aswan menerangkan, aktivitas seperti bersepeda bersama di kawasan operasi Mifa masih jarang dikerjakan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke penduduk .

 

Selain karyawan Mifa, menurut Aswan, acara juga menggandeng semua Mitra Kerja PT. Mifa Bersaudara. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer.

 

Uniknya dalam aktivitas bersepeda kalem ini, para penerima yang sekitar 120 orang juga membagikan bibit flora buah di sepanjang rute yang dilalui. “Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 buah, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya,” tutur Aswan.

 

Kepala Teknik Tambang Mifa Adi Risfandi menerangkan, selain peduli terhadap lingkungan, aktivitas ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan para pekerja di lingkungan tambang. “Kami juga berharap team bonding antara karyawan, kontraktor, maupun penduduk sekitar makin akrab sehingga mempunyai dampak positif terhadap kinerja dan prestasi mereka di pekerjaan,” jelas Adi Risfandi.