Peduli Covid-19 Di Sumut, Agincourt Gelontorkan Alat Kesehatan Rp 2,3 Miliar

Jakarta, TAMBANG – Pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan, PT Agincourt Resources (PTAR) telah menyerahkan sumbangan senilai Rp 2,3 miliar. Bantuan ini ialah bentuk sumbangan perusahaan dalam penanganan dan pencegahan COVID-19 di kawasan Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kota Sibolga, dan Kota Medan Sumatera Utara. Pemberian derma dijalankan dalam dua tahap.

 

Tahap pertama, PTAR menyumbang alat-alat kesehatan penanganan COVID-19 senilai lebih dari Rp 1 Miliar. Bantuan ini sudah didistribusikan ke RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan pada 6 April 2020,  RSUD Pandan Tapanuli Tengah pada 8 April 2020, serta Dinas ESDM Sumatera Utara pada 9 April 2020.  Juga pinjaman perlengkapan pencegahan COVID-19 bagi wartawan yang bertugas di Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan Medan yang juga telah disalurkan melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di masing-masing kawasan tersebut.

 

Sementara itu bantuan tahap kedua berbentukperalatan medis, APD serta paket sembako senilai lebih dari Rp 1,3 miliar didistribusikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di beberapa Kabupaten/Kota adalah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kota Silboga, RS TNI AD Losung Batu Padangsidimpuan serta penduduk jompo dan anak yatim di 15 Desa Lingkar Tambang Emas Martabe.

 

Bantuan kedua diterima eksklusif oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk pada 4 Mei 2020. Sementara bantuan untuk Tapanuli Selatan diterima oleh Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul Pasaribu di Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Selasa (12/5). Bantuan untuk Kota Padangsidimpuan diterima oleh Wakil Walikota Padangsidimpuan, Arwin Siregar di kantor Walikota Padangsidimpuan, Rabu (13/5).

 

Selanjutnya pemberian untuk RS TNI AD Losung Batu Padangsidimpuan diterima eksklusif oleh Kepala RS Tentara Nasional Indonesia AD, dr. Ucok Sagala, Rabu (13/5). Acara penyerahan pertolongan didatangi juga oleh masing-masing Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, perwakilan pejabat Pemda Kabupaten dan Kota.

 

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menjelaskan tunjangan tahap kedua tersebut terdiri dari rapid test kit COVID-19, APD set, masker bedah, thermometer infrared, serta perlengkapan medis lainnya yang sangat diperlukan dalam penanganan COVID-19 ini.

 

“Selain itu ribuan tunjangan paket sembako dan paket dukungan juga diberikan kepada masyarakat jompo dan anak yatim di 15 Desa Lingkar Tambang Emas Martabe,”terperinci Katarina dalam siaran pers yang diterima www.tambang.co.id di Jakarta, Rabu (13/5).

 

Sementara Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Muliady Sutio menyatakan pinjaman yang diberikan PT Agincourt Resources merupakan bab dari janji perusahaan untuk memperlihatkan faedah sosial faktual berkesinambungan bagi penduduk di sekeliling operasional Tambang Emas Martabe, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini.

 

“Kami berharap pinjaman ini dapat menolong Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, para tenaga medis serta masyarakat rentan yang terkena efek pandemi COVID-19,” kata Muliady.

 

Menurut Muliady, upaya pencegahan penyebaran pandemi harus dijalankan serempak oleh seluruh lapisan, baik itu pemerintah, penduduk dan dunia usaha. “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dalam menghalangi penyebaran COVID-19 dan merenggangkan beban pemerintah lokal serta masyarakat di sekeliling Tambang Emas Martabe,” lanjut Muliady.

 

Muliady menyatakan, Tambang Emas Martabe yang berstatus obyek vital nasional juga tak luput dari imbas COVID-19. “Saat ini kami juga menghadapi aneka macam tantangan dan mesti mengerahkan aneka macam upaya terbaik dan tetap konsentrasi pada tujuan yang telah dicanangkan, adalah mempertahankan kesehatan dan keamanan karyawan, dan terus beroperasi demi memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan,” tutup Muliady.