Jakarta,TAMBANG, Dalam beberapa hari terakhir PT PLN (Persero) mendapat sorotan publik. Ini terkait dengan kenaikan tagihan listrik konsumen prabayar yang cukup besar. Pemerintah pun meminta PT PLN (Persero) untuk menerangkan terhadap masyarakat terkait hal tersebut. Pemerintah juga memastikan bahwa tidak ada peningkatan tarif listrik. Tarif tenaga listrik tidak mengalami peningkatan dari tahun 2017 hingga September 2020 nanti.

“Penyelesaian pengaduan tersebut supaya teratasi oleh PLN dengan melibatkan Yayasan Konsumen Listrik Indonesia (YLKI) dan Ombudsman RI,” ujar Direktur Pembinaan Pegusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi pada rapat pembahasan prosedur pembacaan kWh meter selama era pandemi COVID-19 yag dilaksanakan secara daring,pekan lalu.

Dalam rapat ini turut hadir Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, SEVP Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono, serta jajaran Ditjen Ketenagalistrikan dan PT PLN (Persero).

Hendra memastikan Kementerian ESDM menentukan bahwa tarif tenaga listrik per 1 Juli sampai 30 September 2020 tidak mengalami peningkatan. Oleh akhirnya PLN diminta dapat menolong menerangkan terhadap penduduk bahwa tarif listrik tetap dan tidak ada subsidi silang dari konsumen bisa terhadap pelanggan tidak bisa seperti isu yang beredar.

“Bantuan stimulus dispensasi tagihan listrik untuk masyarakat tidak bisa diambil dari APBN, tidak ada subsidi silang dari pelanggan mampu terhadap konsumen tidak bisa,” ujar Hendra.

Hendra juga menerangkan peningkatan tagihan listrik bulan Juni 2020 secara biasa diakibatkan penumpukan kWh balasan tagihan bulan April 2020 yang memakai pemakaian tenaga listrik setara rata-rata 3 bulan akibat pandemi Covid-19. Selain itu pemakaian listrik yang meningkat alasannya adalah acara di rumah saja juga berpengaruh pada kenaikan tagihan listrik.

Butuh Bantuan Atau Pertanyaan?

Achmad Hino siap membantu Anda dengan memberikan pelayanan dan penawaran terbaik.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Halo, Ada Yang Bisa Dibantu?