PERAWATAN TRUK HINO

Tips Perawatan Truk Hino Yang Benar Agar Mesin Tidak Cepat Rusak

Mesin truk Hino memang memiliki mesin yang handal dan tangguh untuk digunakan disegala medan. Dengan ketangguhannya ini membuat truk bisa memenuhi segala kebutuhan logistik dengan aman dan cepat. Tetapi walaupun Truk Hino tangguh, bukan berarti tidak perlu perawatan. Karena itu, Anda tetap membutuhkan tips perawatan truk hino yang benar agar mesin tidak cepat rusak dan awet.

Jika Anda tidak memperhatikan tips perawatan truk hino dengan benar dan mengabaikannya. Di kemudian hari Anda bisa memiliki beban finansial bisnis yang cukup besar, ketika kendaraan atau mesin mengalami kerusakan.

Untuk mesin pada truk Hino tentunya sama dengan mesin truk lainnya, yaitu menggunakan mesin diesel. Karena dengan menggunakan mesin diesel, pergerakan kendaraan menjadi lebih tangguh di segala medan.

Tips Perawatan Truk Hino Yang Benar Agar Mesin Tidak Cepat Rusak

Lalu bagaimana tips perawatan truk hino yang benar agar mesin tidak cepat rusak? Sehingga Anda nantinya tidak akan terbebani dengan pengeluaran yang besar saat terjadi kerusakan? Berikut ini adalah tipsnya :

1. Pastikan Selalu Memanaskan Mesin Secara Bekala

Tips perawatan truk hino pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memanaskan mesin kendaraan secara berkala. Ini adalah perawatan yang wajib dilakukan semua kendaraan, termasuk kendaran bermesin diesel.

Anda harus memanaskan mesin truk kurang lebih sekitar 10-20 menit, agar mesin bisa bekerja dengan optimal sejak awal dipanaskan. Fungsi dari memanaskan mesin ini adalah agar mesin mendapatkan pelumasan yang menyeluruh ke seluruh bagian mesin. Sehingga mesin bisa bekerja dengan lancar tanpa adanya gesekan parah saat kendaraan digunakan.

2. Membersihkan Filter Udara Secara Teratur

Tips berikutnya adalah membersihkan filter udara pada truk Hino secara berkala. Truk hino yang menggunakan mesin diesel pastinya akan membutuhkan asupan udara ke dalam mesin. Jika pada filter udara terdapat debu dan kotoran yang sudah parah. Maka hal tersebut bisa mengganggu performa dan kinerja mesin.

Untuk pembersihan filter yang terbaik, pastikan Anda membersihkannya secara berkala di bengkel resmi Hino. Sehingga Truk Hino yang Anda miliki akan memiliki mesin yang lebih awet dan performa truk juga selalu dalam kondisi terbaik.

3. Rutin Ganti Oli

Semua orang yang memiliki kendaraan bermotor, tentunya wajib rutin mengganti oli, termasuk truk Hino. Fungsi dari rutin ganti oli yaitu untuk meminimalisir terjadinya gesekan antara komponen mesin yang sudah tidak dilumasi dengan baik. Umumnya pergantian oli mesin dan filter oli pada truk Hino adalah di setiap 5000 km. Sehingga komponen mesin nantinya akan selalu terjaga dengan baik dan memberikan kinerja yang maksimal.

4. Mencuci Box Truk Secara Rutin

Tips perawatan truk hino selanjutnya adalah mencuci box truk secara rutin. Apalagi jika truk yang Anda miliki adalah untuk memuat berang. Pastinya dengan mencuci box truk secara rutin bisa menjaga kebersihan dan kualitas dari barang yang dibawa.

Sehingga dengan rutin melakukan perawatan ini, juga akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan atau klien Anda. Karena mereka merasa barang yang dibawa armada yang Anda miliki selalu dalam kondisi yang bersih, tidak berdebu dan steril.

5. Usahakan Jangan Sampai Tangki Bensin Kosong

Selama menggunakan truk hino baik untuk perjalanan jarak pendek maupun jarak jauh, pastikan tangki bensin tidak dibiarkan dalam kondisi kosong. Karena hal ini bisa menyebabkan kondensasi dan membuat munculnya air di dalam tangki.

Selain itu, tangki bensin yang kosong juga bisa menyebabkan karat dan pastinya hal ini menjadi sulit untuk dibersihkan. Jika tangki berkarat, dan serpihan akurat tersebut masuk ke bagian fuel pump maka bisa menyebabkan gas sulit merespon tarikan. Sehingga saat gas ditekan akan terasa ngadat dan jika dipaksa bisa membahayakan pengendara.

Itulah tadi beberapa tips perawatan truk hino yang benar agar mesin tidak cepat rusak dan awet digunakan. Selain itu, selama berkendara Anda juga harus memperhatikan penggunaannya, seperti selalu mengatur gas dengan stabil, memuat truk sesuai kapasitas dan menyesuaikan truk dengan medan jalan.

Seperti yang disebutkan di atas, truk Hino merupakan truk yang memiliki mesin handal dan tangguh di segala medan dan cocok untuk segala kebutuhan.

Jadi jika Anda sedang berminat membeli truk Hino, Anda bisa segera hubungi Senior Sales Eksekutif Resmi HinoMobil.com :

Achmad Hino

+62 812-7226-3898