Phe Onwj Secepatnya Lakukan Pengeboran Lapangan Yy

Karawang, TAMBANG – Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java  (PHE ONWJ) percepat pengembangan Lapangan YY yang terletak di perairan Pantai Utara, Jawa Barat.  Hal Ini dilakukan dalam upaya peningkatan produksi migas nasional.

 

Proses instalasi pemasangan Anjungan  YYA dimulai semenjak 8 April 2019, dimulai dengan proses pengangkatan jacket platform YYA (tripod) dari barge Kreuz 282 oleh barge KP-1 menuju koordinat instalasi.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan  proses pemancangan (piling), pemasangan boat landing, pemasangan riser, dan terakhir dikerjakan pemasangan top side serta debris survey untuk kesiapan pemboran yang teratasi pada 29 April 2019.

 

Direktur Pengembangan PHE, Afif Saifudin menjelaskan, Proyek YY ini  yaitu salah satu proyek yang secara ketat dipantau SKK Migas alasannya akan onstream tahun ini dan memperlihatkan donasi dalam meraih target buatan.

 

“Sehingga kalau dimungkinan kita akan mendorong supaya proyek ini dapat final lebih singkat,” ungkap Afif lewat siaran pers, Selasa (7/5).

 

GM PHE ONWJ, Slamet Susilo, menambahkan sejak dimulainya tahap pabrikasi di bulan Agustus 2018, hingga instalasi di bulan  April 2019, tahapan pengembangan Lapangan YY dibutuhkan memenuhi OTOBOSOR (on time, on budget, on scope dan on return).

 

“Selain itu, kami selalu mengedepankan aspek keamanan, kesehatan dan lindung lingkungan dalam pelaksanaannya,” ungkap Slamet.

 

Proyek dengan alokasi ongkos USD85,4  juta dengan potensi cadangan minyak dan gas yang cukup besar meraih 4 MMBO dan gas 21,2 BSCF direncanakan berproduksi pada final September 2019.

 

Diharapkan nantinya Lapangan YY akan menyumbang komplemen buatan minyak sebesar 4.065 BOPD dan gas bumi meraih  25,5 MMSCFD di kepala sumur. Produksi dari Lapangan YY akan dipakai seluruhnya untuk kepentingan dalam negeri sehingga menjadi pendorong roda perekonomian industri di sekeliling daerah kerja PHE ONWJ.