Polres Kotamobagu Kembali Tertibkan Kegiatan Peti Di Bakan

Jakarta,TAMBANG, Polisi dari Kepolisian Resort (Polres) Kotamobagu kembali melakukan penertiban acara Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Penertiban dikerjakan pada Selasa (23/6) dikerjakan sehabis beberapa hari sebelumnya kembali jatuh kecelakaan yang menimbulkan seorang penambang meninggal.

Sumber Majalah TAMBANG di Desa Bakan menjelaskan bahwa aparat kepolisian mendatangi lokasi penambangan ilegal pada sore hari. Terlihat ada tenda-tenda yang masih terpasang rapih. Juga beberapa kawasan pembuatan yang masih beroperasi. Namun tidak ditemukan para penambang yang sedang beraktivitas.  “Aparat kepolisian lalu membongkar tenda-tenda tersebut,”jelas sumber tersebut.

Meski telah berulang kali dilakukan penertiban, aktivitas di lokasi pertambangan illegal ini masih ada. Bahkan terlihat masih ada alat berat di lokasi tersebut. “Minggu kemudian kembali terjadi kecelakaan di lokasi tambang tersebut dan menewaskan seorang penambang,”ceritanya.

Tambang ilegal di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan ini termasuk salah satu lokasi penambangan ilegal yang paling kerap terjadi kecelakaan. Dalam setahun mampu terjadi beberapa kali kecelakaan yang menimbulkan penambang meninggal. Bahkan sempat terjadi longsor yang mengakibatkan lebih dari 30 orang tertimbun dan menjadi korban. Penertiban yang dikerjakan selama ini belum cukup mampu menghentikan kegiatan penambangan illegal tersebut.