Presiden Joko Widodo Tunjuk Ridwan Djamaluddin Jadi Pj Gubernur Bangka Belitung

Jakarta, TAMBANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hasilnya menunjuk Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Djamaluddin selaku Pejabat (PJ) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Erzaldi Rosman yang mau berakhir 12 Mei 2022 besok.

Kabar penunjukkan Ridwan selaku PJ Gubernur Babel ini dibenarkan oleh salah satu sumber Majalah TAMBANG. Dia menyebut, Ridwan merupakan sosok yang sempurna untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Sudah ditentukan pak presiden. Kita berharap dengan kepemimpinan ridwan djamaluddin dapat menumbuhkan kembali semangat pembangunan di Bangka Belitung, kata beliau dalam keterangannya, dikutip Rabu (11/5).

Selain memiliki pengalaman yang mumpuni, Ridwan, kata ia, merupakan putra kawasan yang pasti mengerti karakteristik budaya dan tradisi Bangka Belitung sehingga cocok memimpin tempat yang terkenal dengan keindahan pantainya tersebut.

Sebelumnya dikenali, sebanyak empat kandidat PJ Gubernur Bangka Belitung sudah sampai ke Presiden Jokowi. Keempat calon tersebut yaitu, Sekretaris Daerah Babel, Naziarto, Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani.

Kemudian Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kemas Akhmad Tajuddin dan Dirjen Minerba, Ridwan Djamaluddin.

Selain menjabat Dirjen Minerba, Ridwan juga pernah menjabat selaku Deputi Bidang Teknologi dan Pengembangan Sumber Daya Alam, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 2010-2015. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  (Kemenko Marves) tahun 2015-2020.

Pria kelahiran Bangka 1963 ini juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kemenko Marves tahun 2020.

Di segi lain, Ridwan juga kadang kala menerima penghargaan bergengsi dari beberapa institusi mirip penghargaan Satyalencana Pembangunan dari Presiden RI tahun 2007, 101 Inovasi Paling Prospektif dari Menteri Riset dan teknologi.

Penerima Predikat Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2010.

Dia juga tercatat selaku Pemegang Rekor Muri untuk Ekspedisi Laut dan Pengembangan Teknologi Penginderaan Jarak Jauh dan Sistem Peringatan Dini Tsunami tahun 2015.