Sepanjang 2021, Pt Timah Gelontorkan Csr Rp54,31 Miliar

Jakarta, TAMBANG – PT Timah Tbk, terus berkomitmen menyalurkan budget untuk acara Corporate Social Responsibility (CSR) kepada penduduk di wilayah operasional perusahaan. Hal ini selaku salah satu wujud kesepakatan Perseroan dalam mendukung pembangunan berkesinambungan dan menunjukkan faedah yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

Sepanjang tahun 2021, perseroan berkode Tins ini sudah menggelontorkan dana CSR sebesar Rp54,31 miliar yang disalurkan ke seluruh daerah operasional perusahaan.

Penyaluran CSR ini berkembangsebesar 108 persen dari rencana penyaluran sebesar Rp50,2 miliar. Rinciannya, untuk Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp6,68 miliar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp42,08 miliar dan Jakarta sebesar Rp1,50 miliar.

Penyaluran dana CSR ini terbagi dalam acara Tanggung Jawab Sosial (TJSL) dan program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK). Untuk program TJSL dana yang dikucurkan sebesar Rp31,870 miliar dan direalisasikan dalam beberapa acara.

Program-program tersebut mencakup fishing ground bersama masyarakat nelayan, Tinskubator, Eco-Village Srimenanti, Entreprenuer lidi nipah, Timah Mengajar lewat acara Pendidikan beasiswa di SMAN 1 Pemali, Mitigasi pergantian iklim dengan penanaman mangrove, membantu perkebunan masyarakat di lingkar tambang, dan pelestarian lingkungan binatang endemik dan tahura.

Sedangkan untuk acara PUMK, PT Timah Tbk menyalurkan dana sebesar Rp 22,483 miliar dan disamping itu telah melaksanakan beberapa acara ialah training UMKM, penawaran spesial produk UMKM di Tins Gallery, penawaran khusus produk UMKM di Galeri Serumpun Sebalai, Pembuatan video produksi kawan binaan, mengikutsertakan UMKM binaan ke festival di Bangka Belitung serta Nasional (jakarta, solo, Banten) dan peningkatan kualitas mitra binaan untuk naik kelas..

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan menyampaikan dalam penyaluran CSR PT Timah Tbk berusaha untuk melaksanakan aktivitas pemberdayaan penduduk yang berkelanjutan, berbasikan kesempatanyang dimiliki tempat.

“PT Timah Tbk selaku representasi negara dalam penambangan timah tidak hanya sekadar menambang, namun juga mengambil tugas dalam meningkatkan ekonomi, pembangunan dan kemajuan tempat salah satunya melalui CSR,” katanya.

Lebih lanjut, Anggi memberikan PT Timah Tbk dalam penyaluran CSR sebagai bentuk komitmen PT Timah Tbk yang memiliki kaitan dekat dengan faktor ekonomi dan sosial budaya. Melalui CSR ini perusahaan dapat menjembatani aktivitas ekonomi penduduk yang berdampak pada kemakmuran masyarakat.