Sugeng Mujianto, Sosok Gres Pengisi Kursi Eksekutif Mineral Kesdm

Jakarta, TAMBANG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik sebanyak 31 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II). Salah satunya Sugeng Mujianto, yang ditunjuk menjadi Direktur Pembinaan Dan Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

Sebelumnya, Sugeng merupakan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan di Sekretariat Dewan Energi Nasional (DEN). Ia tercatat selaku salah satu penggerak aplikasi yang dikembangkan DEN selama setahun belakangan, ialah aplikasi Sistem Perencanaan dan Pemantauan Energi Nasional dan Daerah (SPEND).

Aplikasi yang saat ini sedang dalam tahap pematangan itu, digagas untuk mendukung sinkronisasi agregasi planning lazim energi di tingkat tempat dan sentra. Dalam prosesnya, aplikasi dibangun oleh DEN atas koordinasi dengan Indonesia Clean Energy Development United States Agency for International Development (ICED USAID), Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE), dan pemasokteknologi WeSolve.

Secara latar belakang pendidikan, Sugeng meraih gelar Sarjana Geologi di Institut Teknologi Bandung. Kemudian melanjutkan Master of Science in Engineering di Queens University, Kanada. Ia juga menemukan gelar Master Teknik Lingkungan di University of New South Wales.

Sugeng mengisi posisi yang sebelumnya dijabat oleh Yunus Saefulhak. Keduanya saling bertukar posisi. Saat ini Yunus menjabat sebagai Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan di Sekretariat DEN.