Acara Csr Ptba Jadi Juara Di Ajang Bumn Corcomm Sustainability Summit

Jakarta,TAMBANG, Satu lagi apresiasi yang berhasil ditorehkan PT Bukit Asam,Tbk (PTBA). Perusahaan tambang kerikil bara plat merah ini sukses menjadi Juara Terbaik untuk klasifikasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) “Desa Pagar Dewa”. Apresiasi ini diterima pada ajang penghargaan BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) yang digelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penghargaaan acara CSR terbaik ini diserahkan pribadi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan diterima langsung oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin pada Jumat, malam (29/01/2021).

Untuk dimengerti, Program CSR PTBA yang menyabet gelar juara “GOLD” tersebut merupakan program circular economy pertanian terpadu “Desa Pagar Dewa”. Program ini dilaksanakan perusahaan selaku bentuk konsistensi dan inovasi program-program yang mengacu pada 17 tujuan pembangunan berkesinambungan (SDG’s). Lewat acara ini perusahaan berhasil memenuhi tujuan pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) No.1,2,3,7,8,15.

Program Circular Economy Pertanian Terpadu Desa Pagar Dewa sudah dimulai sejak 2018 dengan sumber daya finansial yang disalurkan mencapai sekitar Rp 1,5 miliar. Penerima manfaat eksklusif untuk program ini sebanyak 91 orang dengan efek berkelanjutan dan penerima faedah tidak pribadi mencapai 35 ribu orang.

Adapun para pemangku kepentingan dalam Program Circular Economy Pertanian Terpadu Desa Pagar Dewa antara lain; PT Pagar Bukit Asam, Anggota Petani, Konsumen, pemasok kemasan dan pupuk, peternak sapi, kalangan Bokashi, dan PTBA.

Berkat acara CSR tersebut, ketersediaan pangan dan lapangan kerja di sekitar perusahaan kian optimal. Tidak cuma itu, acara ini sekaligus menjadi rantai pasok dalam aktivitas CSR perusahaan melalui program Bukit Asam Peduli (BA Peduli) yang menekankan pemenuhan pangan sehat bagi penduduk .

PTBA terus memperlihatkan komitmennya untuk membangun ekonomi dan meningkatkan kemakmuran penduduk di sekitar perusahaan.

Sebelumnya, Desa Pelakat, Kabupaten Muara Enim yang dibina oleh Tim CSR PTBA juga meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari tingkat Nasional yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ini merupakan penghargaan tertinggi sebagai desa terbaik dalam penemuan adaptasi dan mitigasi pergeseran iklim se-Indonesia. Desa Pelakat merupakan salah satu desa binaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dan acara Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Bersama PTBA, Desa Pelakat melakukan penghijauan di lahan seluas lebih dari 200 hektare. Pelatihan dan pembinaan untuk usaha perkebunan kopi, hingga rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS).