Australia Dan India Bangkit Kerjasama Mencari Mineral Kritis

Jakarta,TAMBANG,- Pemerintah Australia dan India sudah menjalin kolaborasi dalam upaya menemukan mineral kritis. Untuk acara ini, Australia mengalokasikan A$5,8 juta untuk kemitraan investasi selama tiga tahun.

“Australia dan India yakni mitra alami yang membuatkan prioritas strategis dan ekonomi bersama dan kemitraan ini akan mendukung investasi India lebih lanjut dalam proyek mineral penting Australia,” demikian disampaikan Menteri Sumber Daya dan Air Keith Pitt.

Dijelaskan bahwa Australia akan melakukan pekerjaan sama dengan India untuk mengidentifikasi potensi dan kesempatan investasi mineral penting di bawah Kemitraan Investasi Mineral Kritis Australia-India. Termasuk latihan teknis dan uji tuntas yang mampu menolong pengembangan investasi India yang prospektif di Australia.

“Dengan sejumlah besar proyek mineral kritis siap dikembangkan dan reputasi selaku kawan jualan yang ahli, Australia adalah opsi yang logis karena India berusaha mengamankan rantai pasokannya,” kata Pitt.

Dijelaskan juga bahwa Kemitraan ini akan mendorong rantai pasok yang besar lengan berkuasa dan strategis, termasuk lewat studi teknis yang hendak mendukung investasi dalam proyek mineral penting Australia.

Keith juga menerangkan bahwa kolaborasi ini merupakan yang pertama dan mewakili perubahan cara negara untuk melakukan pekerjaan sama dalam mendukung industri utama dan mengejar kesempatan kemajuan. Kemampuan adonan kedua negara ini akan menjawab tantangan dalam menawarkan sumber daya teknologi gres yang digunakan di sektor-sektor mirip pertahanan, kedirgantaraan, otomotif, energi terbarukan, telekomunikasi, dan agritech.

“India diperkirakan menjadi negara terpadat di dunia dalam dua tahun. Ekonominya yang tumbuh cepat akan membuat lebih banyak potensi perdagangan dan investasi, jadi penting bagi Australia untuk terus membangun relasi dekat dengan India,” jelas Keith.