Ckb Buka Rute Logistik Baru, Dari Jakarta Dan Surabaya Menuju Balikpapan

Jakarta, TAMBANG – Perusahaan pemasokjasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group), anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), memperkuat jaringan kargonya dengan membuka rute dari Jakarta-Surabaya menuju Balikpapan secara eksklusif.

Chief Executive Officer CKB, Iman Sjafei menjelaskan, selaku perusahaan yang terlatih dalam pengangkutan kargo ke seluruh wilayah Indonesia, CKB siap membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan logistik, khususnya dari Surabaya menuju Balikpapan.

“Proses pengantaran barang yang lebih singkat sangatlah diharapkan guna mengembangkan pemasaran dan profitabilitas produk. Oleh sebab itu, dengan dibukanya rute pengantaran langsung melalui udara dari Jakarta-Surabaya menuju Balikpapan ini pasti akan meminimalisir ongkos pengiriman serta membuat pengantaran makin efisien,” jelas Iman.

Surabaya sendiri merupakan kota paling besar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta dan menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Timur. Selain itu, kota Surabaya juga memiliki beragam peluangpasar yang besar, mulai dari sektor perikanan, pertanian, kebutuhan sehari-hari, hingga spare parts kendaraan. Menjadikannya selaku sentra perdagangan yang besar lengan berkuasa, sekaligus pintu gerbang yang berpotensi untuk jalur perdagangan menuju wilayah timur Indonesia.

Pengiriman ke Surabaya dan Balikpapan dengan moda transportasi udara khusus kargo yang dihadirkan CKB ini, menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300 dengan kapasitas kargo sampai 16,3 ton, sehingga memungkinkan spesifikasi muatan OWOS (Over Weight Over Size).

“Kami berharap datangnya rute (freight) terbaru ini mampu menolong pelaku perjuangan di Surabaya dalam mengoptimalisasi proses rantai pasoknya yang dimulai dari perpindahan dan pengelolaan materi baku dan bagian hingga pengiriman barang jadi ke konsumen,” tambah Iman. 

Dalam penerbangan perdana ini, pelanggan sudah mulai mempergunakan rute gres dan mempercayakan pengantaran keperluan logistik melalui CKB dengan total berat muatan kargo  lebih dari  12 ton. Dengan adanya rute penerbangan gres ini, dibutuhkan konsumen dan para pelaku perjuangan dapat menyesuaikan dengan versi bisnisnya selain kebutuhan logistik di area Kalimantan dan kawasan Timur Indonesia.

Business Director Logistics and Distribution CKB, Ety Puspitasari menjelaskan, pihaknya optimis dengan datangnya rute modern ini dapat melengkapi layanan logistik di Surabaya dan dibutuhkan membuat lebih mudah pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan logistik.

“Membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan sektor logistik di Jawa Timur, mirip pebisnis ikan, petani, pihak kementerian dan CKB Group, sehingga menghasilkan ekosistem bersama dalam memajukan perekonomian nasional,” terang Ety.

Untuk dimengerti, CKB Group merupakan perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional, dengan jangkauan layanan yang luas yaitu jasa pengantaran kargo domestik dan internasional lewat jalur udara, bahari, darat maupun kereta api dan multimoda, pengurusan jasa kepabeanan, logistik proyek, administrasi pergudangan, layanan remote site/supply base, sentra logistik berikat, pengiriman kargo industri, pengantaran kargo curah kering (dry bulk) khususnya batubara, manajemen pelabuhan serta layanan bongkar muat. 

Saat ini Wilayah operasi CKB Group tersebar hingga 41 kawasan yang berada di 34 kota dan 21 provinsi seluruh Indonesia, tergolong kota dan area yang merepotkan dijangkau angkutankomersial.

“Sebagai perusahaan pemasokjasa logistik terintegrasi y dalam pengangkutan kargo via udara (air freight) baik domestik maupun internasional, CKB Senantiasa hadir dan siap menolong para pelaku perjuangan di Surabaya dalam mendukung acara Pemulihan Ekonomi Nasional,” tutup Iman.