Elnusa Jajaki Pasar Afrika

Jakarta, TAMBANG – Perusahaan pemasokjasa energi, PT Elnusa, Tbk (Elnusa), mulai mengepakan sayap bisnisnya ke mancanegara. Ini dikerjakan sebagai upaya meningkatkan kemajuan kinerjanya. Saat ini Elnusa tengah menjajaki kesempatan gres di Afrika lewat berbagai kelebihan total solution servicesnya.

Direktur Utama Elnusa, Elizar P Hasibuan mengungkapkan ketika ini Elnusa mendapat penawaran kesepahaman dari perusahaan migas Madagaskar untuk pekerjaan pengeboran. Pekerjaan ini berdasarkan Elizar termasuk berisiko tinggi.

“Sehingga Elnusa meminta perusahaan tersebut untuk menawarkan jaminan pembayaran dari institusi keuangan ataupun perbankan yang terpercaya,” ujar Elizar dalam informasi resmi, Kamis (5/9).

Elizar juga menyebutkan penawaran kesepahaman ini ialah pengakuan bahwa total solution services dan pengalaman Elnusa selaku perusahaan jasa energi diakui negara lain.

Total solution services merupakan rangkaian jasa yang ditawarkan Elnusa sesuai dengan keperluan customer untuk menyelesaikan problem operasional secara komprehensif. Layanan ini merupakan jawaban Elnusa atas dinamika industri migas dan tantangan customer dalam mendatangkan jasa yang lebih baik, lebih cepat serta lebih kompetitif.

Lebih lanjut Elizar mengungkapkan sejak tiga tahun terakhir Elnusa tengah menjajaki aneka macam pasar di mancanegara. Namun penjajakan masih belum kontinyu dilaksanakan.

“Oleh balasannya penjajakan pangsar mancanegara ini ialah satu diantara kesempatan gres yang kami jajaki untuk terus tumbuh,” ungkap Elizar.

Elnusa menjajaki aneka macam potensi gres pada banyak sekali segmen bisnis. Pada jasa hulu migas beberapa kesempatan yang dijajaki antara lain pengembangan pasar gres di luar negeri, peluang kesepakatan kerja pasti, serta bisnis operation & maintenance refinery.

Pada jasa distribusi dan logistik energi, Elnusa memulai bisnis infrastruktur dengan revitalisasi maupun pembangunan terminal BBM, serta menggenjot bisnis chemical untuk enhanced oil recovery. Selain itu, bisnis pendukung dengan mempergunakan internet of things juga mulai dikembangkan.

Sebelumnya, semenjak pertengahan 2016 Elnusa sudah melakukan pekerjaan sama dengan Advent Oilfield Sevices, perusahaan servis migas untuk mendukung jasa data field processing di India. Kerja sama ini terus berlanjut sampai dikala ini. Pada tengah tahun ini, Elnusa bekerja untuk Soco Exploration (Vietnam) Ltd dalam survei seismik laut 2D di Semenanjung Indocina, Vietnam.

Dalam lingkup jasa pengeboran, Elnusa mempunyai sumber daya profesional serta modular rig mutakhir yang mendukung acara pengeboran sumur minyak. Elnusa juga memiliki aneka macam kompetensi penunjang pengeboran mirip well intervention services, drilling fuild services, serta chemical services untuk enhanced oil recovery.

“Kami meyakini bahwa dengan total solution services dan pengalaman panjang setengah masa, Elnusa mumpuni dalam mendatangkan jasa energi dan mengharumkan nama Indonesia”, pungkas Elizar.