Geothermal, Medco Power Lepas 49 Persen Saham Ke Omat

Jakarta, TAMBANG- PT Medco Power  Indonesia (MPI) mengumumkan telah  menandatangani dan menuntaskan  perjanjian penjualan 49 persen saham milik MPI di PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) kepada PT Ormat Geothermal Power. Selebihnya 51 persen tetap dimiliki oleh MPI.

 

MCG mempunyai persetujuanjual beli tenaga  Listrik dengan PLN yang berlaku 30 tahun  untuk menyebarkan dan mengoperasikan Pembangkit Listrik  Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas  110 MW di Blawan Ijen, Jawa Timur.

 

Kapasitas pembangkit akan diputuskan  setelah selesainya aktifitas eksplorasi dan evaluasi.  Beberapa pengeboran slim holes yang sudah dilaksanakan memberikan hasil yang sukses. Operasi secara komersial diharapkan akan dimulai pada final tahun 2022.

 

Direktur Utama PT Medco Power  Indonesia Eka Satria mengungkapkan, kerjasama ini ialah kemitraan strategis kelanjutan dengan Ormat sesudah mengalami sukses dengan pengembangan PLTP Sarulla.

 

“Saya percaya bahwa kerjasama antara kedua perusahaan akan memperlihatkan nilai bagi pemegang saham serta mendukung program Pemerintah Indonesia dalam menyebarkan kelistrikan di sektor energi terbarukan,” ungkap Eka Satria dalam keterangan resmi, Rabu (3/7).