Giias 2019 Akan Tampilkan Teknologi Otomotif Terkini

Jakarta,  TAMBANG- Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) akan kembali hadir pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang.

 

Lewat tema Future in Motion, GIIAS 2019 akan memperlihatkan transformasi dari industri otomotif sepanjang penyelenggan pameran. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan GIIAS akan menampilkan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia.

 

GIIAS akan memperlihatkan 10 kendaraan komersial dan karoseri yakni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

 

FAW akan memperlihatkan enam unit truck, ialah HD380CG,  FD280MT,  FD280DT,  DB300TH,  DD130DT,  dan FD550TH. Selain itu FAW juga akan melaksanakan launching pada pembukaan GIIAS.

 

HINO akan menampilkan delapan unit, diantaranya Dakkar Rally, Dutro Hybrid, Ekport Unit, Ranger FM285JD. Kemudian Mitsubishi Fuso akan launching enam varian baru.

 

Lalu Tata Motors akan memperlihatkan enam unit, ialah Prima 3338.K, Ultra 1014, Super Ace HT2, Xenon HD. Dua diantaranya yang mau diluncurkan yaitu Segmen 8×2 dan Segment Light Truck 4×2.

 

Selain itu, ada 20 merek kendaraan penumpang yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling . Kemudian 11 sepeda motor, yaitu Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KMT, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung ada lebih dari 300 merek.

 

Lebih lanjut Yohannes mengungkapkan berbagai produk dan teknologi yang dipamerkan pada penyelenggaraan GIIAS  menjadi salah satu pencapaian industri otomotif Indonesia yang layak dibanggakan. Menurut data Gaikindo ketika ini hasil buatan industri otomotif Indonesia telah diekspor ke lebih dari 80 negara.

 

“Banyak yang belum tahu bahwa Indonesia telah bisa mengekspor kendaraan ke 80 negera di dunia, Gaikindo ingin menunjukkannya di GIIAS 2019, bahwa pencapaian industri otomotif Indonesia terus meningkat dan memperlihatkan pujian bagi negara,” ungkap Yohannes Nangoi dalam konferensi pers di The Pallas, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).

 

Pada 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor kendaraan beroda empat utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,44 persen menjadi 264.553 unit dibanding tahun sebelumnya, dan dengan dorongan dari penyelenggaraan GIIAS 2019, Gaikindo optimis pada tahun 2019 ekspor otomotif akan kembali mencatatkan kenaikan.

 

“Industri otomotif menerima energi positif dari setiap penyelenggaraan giias, dan tahun ini kami optimis ekspor otomotif Indonesia dapat meraih 300 ribu unit,” Jelas Yohannes.

 

Sementara itu, rencananya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan membuka  GIIAS 2019 pada 18 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang.