Glencore Lepas Tambang Tembaga Csa, Australia Ke Mac

Jakarta,TAMBANG,- Perusahaan tambang terdiversifikasi Glencore plc (Glencore) telah setuju dengan Metals Acquisition Corp (MAC) terkait pembelian tambang tembaga CSA Glencore di New South Wales, Australia. Dari transaksi ini, Glencore akan mendapatkan US$1,05 miliar dalam bentuk tunai dan US$50 juta saham ekuitas di MAC serta 1,5% kala pakai higienis peleburan kembali dari royalti tambang sesudah solusi transaksi.

Dalam keterangan resmi Glencore dijelaskan bahwa MAC akan mengambilalih kepemilikan dan kontrol operasional penuh atas tambang. MAC juga akan menandatangani perjanjian offtake dengan Glencore untuk 100% konsentrat tembaga yang dibuat di Tambang CSA.

Penjualan Tambang CSA sejalan dan konsisten dengan strategi perusahaan untuk mempersempit dan menyelaraskan portofolio global yang ada di lebih dari 150 lokasi operasi untuk konsentrasi pada aset dengan biaya lebih rendah dan berumur panjang. Ditegasan lagi bahwa Glencore akan terus menjadi pemasar, produsen, dan pengekspor logam dan mineral Australia ternama yang hendak mendukung transisi global menuju abad depan rendah karbon.

Untuk dimengerti, MAC yakni Perusahaan Akuisisi Tujuan Khusus (SPAC) yang terdaftar di Bursa Efek New York. Transaksi ini diperlukan akan selesai pada tahun 2022, tunduk pada kesepakatan pemegang saham MAC dan kondisi penutupan lainnya, tergolong persetujuan peraturan.

Patrice Merrin adalah administrator Glencore plc dan juga Ketua Dewan Direksi MAC. Nona Merrin mempunyai <1% hak bunyi di saham MAC. MAC bukan pihak terkait Glencore menurut pengertian Aturan Pencatatan Inggris Raya, dan Ms Merrin tidak berpartisipasi dalam pertimbangan penjualan Tambang CSA oleh Dewan Glencore.