Inovasi Dan Solusi Rs Components Dalam Menekan Pengaruh Manufaktur Terhadap Lingkungan

Jakarta,TAMBANG,- Sejak triwulan IV tahun 2020, industri manufaktur Indonesia terus menawarkan perbaikan. Tingkat pertumbuhannya berada di atas laju kemajuan ekonomi. Meski demikian kemajuan ini juga mesti diimbangi dengan kesepakatan untuk mengurangi dampat negatif kepada lingkungan. Kegiatan industri ini mesti dikontrol dengan baik dan selaras dengan tujuan keberlanjutan termasuk dari segi distribusi.

Pengangkutan materi mentah dan sparepart yang dipakai produsen di seluruh dunia telah berkontribusi kepada emisi. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampai tahun 2019 lalu hanya sebanyak 83 perusahaan di Indonesia yang mampu dikategorikan patut menerima PROPER (Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan) Hijau ke atas. Setelah diteliti lebih lanjut, hanya 23 perusahaan manufaktur dalam klasifikasi hijau, dan satu perusahaan klasifikasi emas.

RS Components, merek jualan Electrocomponents plc (LSE:ECM), kawan solusi produk dan layanan omni-channel global, menawarkan penyelesaian untuk membantu perusahaan mengurangi efek manufaktur terhadap lingkungan.

“Komitmen lingkungan, keberlanjutan dan manajemen (sustainability and governance atau ESG) global kami sudah membantu kami supaya tetap bertanggung jawab serta memandu semua aspek bisnis. Solusi kami melibatkan penyuplai juga pelanggan dalam hal praktik pengadaan yang bertanggung jawab untuk meminimalkan jejak karbon dan konsumsi energi mereka,” ujar Eileen Yap, Country General Manager, RS Singapore and SEA Export.

Dalam rantai pasokan, tahap sourcing dan procurement mampu secara signifikan mempengaruhi jejak lingkungan perusahaan. RS Components bertekad membantu perusahaan memenuhi sasaran keberlanjutan dan efisiensi energi. Hal ini dikerjakan dengan mencari sumber produk dan solusi yang berkelanjutan dari penyuplai terpercaya yang mempunyai stok setempat.

“Di seluruh Asia Pasifik, RS Components sudah berinvestasi dalam membangun sentra distribusi dan membuatkan kesanggupan sumber setempat sehingga pelanggan manufaktur mampu mengambil sumber secara setempat dan mengurangi jejak karbon mereka. Pelanngan manufaktur juga mampu mempunyai rantai pasokan yang lebih fleksibel dan menghindari penundaan bikinan,” jelas Eileen Yap.

RS Components juga menawarkan insinyur desain dan pemeliharaan susukan yang mahir ke teknologi penting, yang lalu dapat digunakan untuk menerapkan solusi pabrik yang menghemat konsumsi energi dan pemborosan proses, tanpa mengurangi mutu dan produktivitas.

Penerapan Teknologi

Proses pengadaan dan pembelian mempunyai pengaruh signifikan dalam menghemat jejak manufaktur dan meningkatkan penemuan atau transformasi digital dalam organisasi. Menjamin akan ketersediaan stok lokal di berbagai produk memungkinkan RS Components dapat menunjukkan ketersediaan produk yang jago, pengiriman cepat, serta membantu pelanggan untuk mematuhi agenda pemeliharaan dan bikinan mereka, yang juga memiliki efek pada efisiensi secara keseluruhan.

Untuk mendukung konsumen dalam menerapkan teknologi manufaktur cerdas secara global, RS Components memerhatikan pemanfaatan teknologi gres seperti AI (Artificial Intelligent) dan IoT (Internet of Things), pembelajaran mesin, dan penyelesaian penginderaan yang dapat membantu praktisi meminimalisir energi yang mereka konsumsi. Proses tersebut disokong oleh tim penjualan, teknis, dan pengadaan RS Components dengan wawasan teknis terbaik serta jalan masuk ke katalog produk global untuk menolong konsumen memilih produk yang tepat dan ekonomis energi.

Untuk lebih mendukung upaya industri manufaktur dalam mengadopsi praktik berkelanjutan dan merampingkan proses pengadaan, RS Components menawarkan penyelesaian e-Procurement yang memungkinkan konsumen mampu menertibkan lebih banyak dan mempunyai transparansi dalam rantai pasokan mereka lewat akses langsung ke banyak sekali produk RS Components dan berita pembelian. Mereka juga mampu mengorganisir pengeluaran dan mengurangi kesalahan dengan proses administrasi yang cepat dan aman. Pelanggan juga mampu mengurangi waktu dan menerima efisiensi dengan bekerja sama dengan tim RS Components yang hendak membantu sumber produk yang belum dipublikasikan di situs dan mengkonsolidasikan pesanan pembelian.

Praktik pengadaan yang bertanggung jawab memungkinkan pelanggan industri untuk mengkonsumsi lebih minim energi dan memajukan tingkat produktivitas di pabrik dan kemudahan mereka. Selain itu, penyelesaian procurement digital juga menolong meminimalkan pemborosan yang memungkinkan spesialis pengadaan untuk menyiapkan proyek mereka dengan lebih baik dan teknisi pemeliharaan untuk tetap berada di jalur yang tepat dengan jadwal pemeliharaan preventif.