Kebakaran Pipa Pertamina Sudah Padam, Pertamina Lakukan Pemeriksaan

Jakarta, TAMBANG – Pipa penyaluran materi bakar minyak milik PT Pertamina terbakar. Kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di sekitar pipa BBM di samping jalur tol Padalarang KM 130, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, kebakaran yang terjadi sudah padam pada pukul 17.20 WIB. Menurutnya, kebakaran sebelumnya terjadi pada pipa milik Pertamina yang mengalirkan BBM dari Terminal BBM Ujung Berung ke Terminal BBM Padalarang.

“Kami turut prihatin atas peristiwa tersebut. Namun Alhamdulillah, berkat gerak cepat  petugas campuran dari Pertamina dan Dinas Pemadam Kebakaran di lapangan, ketika ini kobaran api berhasil dipadamkan,” ujar Fajriyah dalam informasi resmi, Selasa (22/10).

Menurut Fajriyah, setelah melaksanakan pemadaman dengan foam, dikala ini tim Pertamina terus mengawasi kondisi di lapangan dan melakukan aneka macam upaya penanggulangan lanjutan. Pertamina juga tetap berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran, kepolisian, dan instansi terkait yang lain untuk melokalisir area.

Fajriyah juga menyertakan, dikala ini penyaluran melalui pipa sementara dihentikan. Namun pasokan BBM untuk kawasan Bandung dan sekitarnya tetap dalam kondisi kondusif.

“Pasokan Dex untuk daerah Bandung masih tercukupi, termasuk dari Terminal BBM Padalarang yang stok ketika ini berada di kisaran 19 hari,” tambahnya.

Adapun mengenai penyebab peristiwa, Pertamina masih melaksanakan proses penanggulangan dan investigasi bersama pihak terkait.

(Rahma Sari – Tambang)