Kideco Raih Proper Nasional Peringkat Emas

Jakarta, TAMBANG – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) meraih penghargaan PROPER Emas dalam pengelolaan lingkungan hidup kategori Industri Tambang Mineral dan Batubara. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu (8/1).

 

Direktur Kideco Leonardus Herwindo mengungkapkan peningkatan nilai tambah bagi penduduk dan lingkungan sekitar senantiasa menjadi prinsip perusahaan dalam melaksanakan aktifitas perjuangan.

 

“Kami berkomitmen untuk terus memajukan pengelolaan kualitas lingkungan selaku upaya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” ungkap Leonardus usai menerima penghargaan di Istana Wapres, Rabu (8/1).

 

Lebih lanjut Leonardo mengungkapkan kesepakatan Kideco kepada kelestarian lingkungan diwujudkan lewat berbagai program, termasuk pengelolaan sumber daya alam hayati, acara reklamasi, revegetasi dan rehabilitasi pada area tambang.

 

Selain itu, Kideco juga turut membina dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur serta kemandirian ekonomi masyarakat.

 

“Beberapa upaya yang dilaksanakan Kideco untuk mempertahankan kelestarian lingkungan yaitu lewat konservasi air, efisiensi energi, pengelolaan limbah secara berkelanjutan dan terus menerus,” tambah Leonardus.

 

Kideco juga membuatkan sistem pertanian terpadu (Integrated Farming System/IFS). IFS yakni suatu model pertanian terintegrasi yang bermaksud untuk memberi training, edukasi masyarakat serta merealisasikan desa berdikari dalam mengorganisir bisnisnya yang berbasis pada acuan pertanian terintegrasi.

 

Sebagai info, PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan yakni salah satu program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikembangkan semenjak tahun 2002. Program bermaksud untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

 

Proper Emas ialah apresiasi tertinggi atas kinerja perusahaan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sebelumnya, Kideco telah lima kali berturut-turut meraih penghargaan PROPER nasional peringkat Hijau.

 

Kideco ialah perusahaan tambang batubara paling besar ketiga di Indonesia, didirikan pada tahun 1982 dan mengawali buatan secara komersial pada tahun 1993.