Peduli Penyandang Kusta, Pt Dahana Beri Derma Wirausaha Inklusif

JAKARTA, TAMBANG- PT Dahana Persero (Dahana) memberi santunan terhadap penyandang disabilitas kusta melalui program wirausaha inklusif yang dilaksanakan di Puskesmas Pagaden, Subang selesai Desember kemudian. Dalam acara tersebut, Dahana bekerja sama dengan Netherland Leprosy Relief (NLR) Indonesia.

Ketua Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Dahana, Eman Suherman menyampaikan bahwa pihaknya serius dalam upaya mewujudkan Indonesia Zero Kusta, utamanya di Kawasan Subang, tempat perusahaan beroperasi. Menurutnya, salah satu gerakan untuk merealisasikan hal tersebut yakni dengan memberikan santunan modal wirausaha berupa gerobak dan alat masak. 

“Kami berharap dengan derma ini bisa membantu melawan stigma dan tetap mampu  menolong pasien untuk produktif dengan cara pinjaman alat wirausaha, kami berharap pemberian dari kami bisa dipakai secara optimal,” katanya, dikutip dari laman resmi, Senin (3/1).

Sebelumnya, perusahaan yang bergerak di industri bahan peledak ini juga turut melaksanakan sosialisasi penanganan kusta.  Hal ini sekaligus selaku kampanye wawasan perihal kusta terhadap masyarakat agar tidak terjadi lagi stigma-stigma negatif terhadap penyandang kusta.

Hingga ketika ini, kusta masih dianggap selaku penyakit yang diakibatkan oleh hal-hal gaib terutama di wilayah pedesaan Indonesia. Akibatnya, para penyandang kusta acap kali dijauhi penduduk . Alih-alih mendapatkan derma pengobatan yang sempurna, para penyandang justru menerima perlakuan yang tidak adil.

Kepala Puskesmas Pagaden, Ely Badriah memberikan, upaya yang dikerjakan Dahana ialah langkah yang sangat bagus untuk menyelesaikan duduk perkara kusta yang mendera beberapa warga di Kabupaten Subang.

Selain menawarkan pengetahuan yang benar tentang kusta, Dahana kata dia, juga sudah memperlihatkan pertolongan materil berbentukalat perjuangan, yang kami inginkan mampu menaikkan mental dan imun para penyandang kusta.

“Kami besar hati mampu dipilih oleh PT DAHANA (Persero) untuk menjadi salah satu kandidat peserta program CSR. Kami sangat terbantu utamanya untuk pertolongan acara penyandang disabilitas kusta, semoga PT Dahana mampu terus meningkat dan terus membantu puskesmas-puskesmas yang ada di Subang,” ujar Ely.