Peringati Hari Pertambangan, Pt Agincourt Gelar Donor Darah

Jakarta,TAMBANG,PT Agincourt Resources, pengurus Tambang Emas Martabe kembali melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tapanuli Selatan  bertajuk “Give the Gift of Live” pada 18-24 September 2019.

Dari kegiatan yang dijalankan dalam rangka merayakan Hari Pertambangan dan Energi ke-74 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut berhasil dikumpulkan total 257 kantong darah.

 

Manager Occupational Health and Safety (OHS) PT Agincourt Resources Hari Ananto menerangkan acara donor darah sungguh penting dilakukan untuk membantu ketersediaan dan kebutuhan kantong darah di PMI.

 

Berdasarkan perkiraan WHO, kebutuhan kantong darah meraih 2% dari jumlah penduduk. Di Indonesia, berdasarkan data PMI, setiap tahunnya dibutuhkan 5,2 juta kantong darah, namun gres terpenuhi 92% dari persediaan PMI.

 

“Kegiatan donor darah sangat kental nilai kemanusiaannya. Melalui donor darah kita dapat ikut serta menawarkan keinginan hidup kepada orang lain karena satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa. Tentu saja ini sungguh mempunyai arti. Selain itu, kami juga ingin mendorong para karyawan untuk mempunyai gaya hidup sehat, karena donor darah banyak keuntungannya,” tutur Hari.

 

Lebih lanjut Hari merinci beberapa faedah melaksanakan donor darah yaitu menurunkan risiko terkena penyakit mirip jantung, dan penyumbatan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, hingga menurunkan berat tubuh.

 

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono mengemukakan kegiatan donor darah kali ini ialah yang kedua sepanjang tahun ini. Sebelumnya, secara rutin, pada peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Agincourt Resources juga menggelar kegiatan donor darah.

 

“Sektor kesehatan menjadi salah satu fokus program pengembangan penduduk dari perusahaan. PT Agincourt Resources secara konsisten turut mendukung kenaikan kualitas kesehatan masyarakat melalui banyak sekali acara, tak hanya donor darah namun juga pemberian pengecekan kesehatan gratis ke aneka macam desa lingkar tambang, tunjangan acara para lanjut usia, pinjaman pembangunan saranan dan prasarana kesehatan, sampai pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis,”pungkas Katarina.