Pln Bantu Biaya Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Jakarta, TAMBANG – PLN memberikan sumbangan ongkos penyambungan listrik gratis kepada 100 keluarga kurang mampu di Sleman dan Bantul, Daerah spesial Yogyakarta. Hal ini ialah bab dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TSJL) PLN Peduli.

Bantuan ini diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo terhadap salah satu warga peserta manfaat di Kabupaten Bantul pada Sabtu, (18/6) di sela program gowes bareng Direksi PLN dengan Pemimpin Redaksi Media.

“PLN ini punya dua fungsi, fungsi pertama tentu saja selaku korporasi melakukan tugasnya, listrik sebagai komoditas tetapi ternyata dalam proses membangun bangsa ini ialah sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Darmawan.

Pemilihan peserta dukungan dilaksanakan langsung oleh PLN dengan memutuskan peserta sumbangan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. Rumah peserta pinjaman akan menerima listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Tak cuma itu, sumbangan juga mencakup pengerjaan instalasi di dalam rumah dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“PLN menyediakan dukungan sambung listrik gratis 100 pelanggan satu pelanggannya bantuannya Rp 1 juta  baik itu penyambungan maupun instalasi di dalam rumahnya,” ujarnya.

Dalam menyediakan listrik PLN hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok listrik ke tempat tinggal konsumen. Sementara untuk pembuatan instalasi di dalam rumah dan biaya penyambungan listrik biasanya menjadi tanggung jawab pelanggan. Tetapi dengan adanya tunjangan ini ongkos tersebut ditanggung oleh PLN.

“Bantuan biaya penyambungan listrik gratis ini ialah bentuk kepedulian PLN bagi masyarakat tidak bisa, serta sebagai upaya dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia, disamping itu juga selaku wujud hadirnya negara lewat kanal energi,” ungkap Darmawan.

Salah satu penerima manfaat, Pariyati (60), ibu rumah tangga ini mengaku sangat bersyukur alasannya adalah kini rumahnya telah dilistriki PLN. Kehadiran listrik sangat menolong keluarganya dalam beraktivitas.

 “Terima kasih terhadap PLN atas bantuannya. Sebelumnya aku menyalur listrik dari tetangga. Sekarang punya listrik sendiri, kami sungguh bersyukur,” ujarnya.

Sepanjang Semester I Tahun 2022, PLN sudah memperlihatkan bantuan listrik gratis terhadap sebanyak 509 warga kurang mampu di kawasan Jateng dan DIY.

Bantuan tersebut disalurkan tersebar di kawasan Magelang, Salatiga, Tegal, Klaten, Purwokerto, Sukoharjo, dan Demak.

Tak cuma di Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN juga sudah menunjukkan sumbangan penyambungan listrik gratis kepada 18.377 keluarga kurang bisa di seluruh Indonesia sepanjang 2021, dengan total budget mencapai Rp 18,6 miliar.