Ptar Salurkan Beasiswa Periode 2021/2022 Senilai Rp 1,51 Miliar

Jakarta,TAMBANG,-Pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources (PTAR), kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi tahun pemikiran 2021/2022 senilai Rp 1,51 miliar. Beasiswa ini diberikan kepada 246 pelajar dan mahasiwa berprestasi. Penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi 2021/2021 digelar di gedung amphitheater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Kamis (5/8).

Hadir diacara ini perwakilan Manajamen PTAR, Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Cabang Dinas Pendidikan Padangsidimpuan, Muspika Batangtoru dan Muara Batangtoru serta perwakilan para orang bau tanah dan tokoh masyarakat lokal.

Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR menerangkan program Beasiswa Tambang Emas Martabe atau disebut Beasiswa Martabe Prestasi ialah salah satu program unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan yang dilaksanakan oleh PTAR. Program ini bermaksud mengembangkan kanal pendidikan bagi anak-anak berprestasi serta mempunyai akad tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Batangtoru & Kecamatan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

“Proses penerimaan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun 2021 sudah dimulai semenjak Februari 2021, di mana seleksi dan penetapan penerima beasiswa tamat pada 25 Juli 2021, dengan jumlah peserta dari aneka macam tingkatan SD hingga Perguruan Tinggi sebanyak 188 siswa. 58 orang lainnya adalah peserta beasiswa lanjutan, sehingga total penerima beasiswa tahun ini mencapai 246 pelajar dan mahasiswa dengan nilai Rp 1,516,960,000,” terperinci Rahmat.

Rahmat menjelaskan Program Beasiswa Martabe Prestasi yang dimulai sejak 2017 sudah sukses diselenggarakan sampai tahun ini dengan total jumlah peserta di semua jenjang sebanyak 967 orang siswa serta total beasiswa yang disalurkan meraih Rp 3.666.895.000,-

“Harapan kami lewat Beasiswa Martabe Prestasi ini mampu memotivasi pelajar dan mahasiswa semoga mampu menjadi pandangan baru bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya, dengan menjadi orang berhasil yang dapat berkontribusi untuk pertumbuhan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatra Utara,” ungkap Rahmat.

Dijelaskan, Program Beasiswa Martabe Prestasi dibagi kedalam Tiga Kategori adalah: Pertama, Penghargaan Prestasi Akademis (PPA) yang diperuntukan bagi siswa-siswi SD/Sederajat dan Sekolah Menengah Pertama/Sederajat yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang bisa. Bantuan diberikan satu kali berupa barang-barang keperluan sekolah atau melunasi tunggakan dari siswa ke sekolah. 

Kedua, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) diperuntukkan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/Sederajat, Mahasiswa Diploma III atau D3 dan Mahasiswa Strata-1 atau S1 berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan diberikan setiap tahun hingga deadline dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh perusahaan melalui Panitia Martabe Prestasi. 

Ketiga, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus) yang diperuntukan bagi siswa-siswi dari keluarga kurang bisa yang diterima di Sekolah unggulan tingkat SMA yang sudah ditetapkan oleh Panitia Martabe Prestasi.

“Pada  tahun 2021 ini ada 4 sekolah unggulan tingkat SMA yang kami targetkan adalah SMAN 2 Balige, Sekolah Menengan Atas Unggul DEL, Sekolah Menengan Atas N 1 Matauli Pandan,dan SMA N 2 Plus Sipirok; di mana kami terus mencari peluang untuk mendorong lebih banyak siswa yang mampu masuk ke sekolah unggulan serta kalau memungkinkan menambah sekolah unggulan yang ditargetkan,” jelas Rahmat.

Sementara itu ke-246 peserta Beasiswa Martabe Prestasi 2021 terdiri dari 83 jenjang SD untuk Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 45 siswa jenjang SMP dengan Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 12 siswa jenjang Sekolah Menengan Atas/sederajat untuk Kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB), 17 siswa jenjang SMA untuk kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus), 13 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN negeri dan swasta di daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), dan 18 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN Negeri wilayah luar Tabagsel (Nasional).

Penerima beasiswa jenjang Sekolah Dasar/Sederajat akan mendapatkan manfaat berupa perlindungan peralatan sekolah pada tahun fatwa gres, dengan nilai optimal Rp.500.000 dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan. Untuk siswa Sekolah Menengan Atas/Sederajat sampai kelas XII (dua belas) akan menerima Rp. 3.000.000/tahun; Bagi mahasiswa D3 di forum pendidikan swasta di wilayah Tabagsel, hingga semester ke-6 (enam) akan mendapatkan Rp. 6.000.000/tahun; bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri & swasta di daerah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan) akan menerima Rp. 6.000.000/tahun ; bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri nasional hingga semester ke-6 (enam) akan menerima Rp. 12.000.000/tahun; Bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi Negeri hingga semester ke-8 (delapan) Rp. 12.000.000/tahun.

Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono menambahkan Program Beasiswa Martabe Prestasi ialah salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkontribusi pada amanah konstitusi dalam bantuan akses pendidikan yang patut pada masyarakat yang memerlukan utamanya di daerah operasional perusahaan.  Bahkan dari lima sektor sasaran utama Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PTAR, Program Beasiswa menjadi salah satu sasaran utama dalam pelaksanaan acara PPM PTAR.

“Program Beasiswa Martabe Prestasi ini digagas untuk meminimalkan angka putus sekolah bagi masyarakat setempat terutama golongan rentan dan keluarga miskin yang mempunyai prestasi untuk mendapatkan pendidikan pantas di semua tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat universitas dan PTAR berkomitmen untuk mampu secara konsisten melaksanakan program beasiswa ini setiap tahunnya,” ungkap Katarina.

Katarina menyatakan Program Beasiswa Tambang Emas Martabe sudah menunjukkan manfaat dan donasi kasatmata dalam menciptakan saluran pendidikan pantas bagi semua orang, khususnya di daerah operasional perusahaan. Bahkan, program ini sudah menjangkau penghargaan Didakta Pratama Unggul di ajang CSR Indonesia Awards 2021.