Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli Salurkan Dukungan Untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Jakarta,TAMBANG, Kerusakan yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Semeru sangat hebat. Banyak infrastruktur yang rusak tergolong rumah penduduk. Sampai sekarang banyak warga yang kehilangan tempat tinggal akibat bangunan rumah yang rusak parah dan barang-barang yang tidak bisa diselamatkan ketika erupsi terjadi.

Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang rutin berkontribusi aktif dalam pemberian kemanusiaan utamanya dalam kebencanaan kembali hadir dan menyalurkan bantuannya untuk warga terdampak daerah erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Sebelumnya Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Group) telah hadir untuk proses evakuasi dan pemulihan juga melaksanakan survei ke lokasi terdampak. Survei ini bertujuan mengenali jumlah warga yang memerlukan dukungan.

Dari survei di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, ditemui banyak warga terdampak. Kebanyakan mereka berasal dari Desa Curah Koboan yang mengungsi di rumah-rumah warga setempat. Berdasarkan informasi dari salah satu warga desa tersebut, Muliono, banyak warga lokal yang menyediakan rumahnya untuk ditinggali warga terdampak. Ini membuat banyak warga terdampak yang lebih memilih tinggal di rumah masyarakatdibandingkan di posko pengungsian.

“Solidaritas warga di sini cukup tinggi, mereka menyediakan rumahnya untuk sementara ditinggali warga terdampak yang rumahnya hancur balasan erupsi”, jelas Muliono.

Dari hasil survei tersebut, Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendata warga terdampak dan kebutuhannya bareng tokoh masyarakat setempat.

Setelah suvei, dukungan logistik disalurkan pribadi ke rumah-rumah yang ditempati warga terdampak. Bantuan yang diberikan antara lain perlengkapan masak lengkap mulai dari kompor, penanak nasi, tabung gas. Kemudian sembako produk Sinar Mas yakni biskuit UBM Hock Guan dan minyak goreng Filma. Kemudian ada beras, seragam sekolah, tas sekolah, sepatu, handuk, kasur, bantal, selimut. Juga satu set perlengkapan makan, dan perlengkapan ibadah. Dukungan ini untuk menawarkan keperluan dan perlengkapan dasar dan utama warga yang tidak terselamatkan ketika tragedi terjadi.

Andi Henry Achmad, Emergency Response Group Manager menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan ialah wujud konsisten dari solidaritas dan kepedulian perusahaan pada misi kemanusiaan untuk membantu kerabat-kerabat kita yang terdampak tragedi.

“Kegiatan ini konsisten kami lakukan jikalau terjadi tragedi yang merupakan wujud kepedulian perusahaan. Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli menyalurkan dukungan sesuai dengan keperluan warga setempat dan pribadi menyalurkan ke tempat tinggal-rumah yang sementara ditinggali warga” terperinci Andi.

Budi Triyanto, Inspektur Tambang Provinsi Jawa Timur sekaligus Koordinator Logistik Tim Siaga Bencana ESDM Gunung Semeru memberikan terima kasih atas donasi aktif perusaahan dalam peristiwa erupsi Gunung Semeru ini.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Sinar Mas dan Berau Coal. Memang ketika ini yang dibutuhkan oleh warga ialah perlengkapan masak dan keperluan rumah tangga lainnya” terang Budi.

Ratusan sembako dan perlengkapan dasar yang diberikan diharapkan mampu mendukung kehidupan dan mengurangi beban warga terdampak. Febry, salah satu warga yang mendapatkan santunan dari Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli sungguh mengapresiasi atas bantuan yang lengkap diberikan oleh perusahaan.

“Alhamdulillah, saya mewakili keluarga saya menyampaikan bahwa kami sungguh bersyukur dan berterima kasih terhadap Sinar Mas dan Berau Coal yang telah menawarkan bantuan lengkap kepada kami, sebab keperluan-kebutuhan ini yang kami butuhkan sebab kami tidak lagi memiliki apa-apa sesudah erupsi terjadi” ucap Febry.

Ponimah, wanita setengah baya yang bercerita kepasrahannya dikala erupsi kepada Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli pun terharu atas pinjaman yang diberikan oleh Sinar Mas dan Berau Coal.

“Saya hanya mampu mendapatkan bantuan yang diberikan, moga-moga Allah yang membalasnya” ucap Ponimah dengan haru.

Nurul Yaqin Pribadi, kepala desa lokal yang juga menyaksikan Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli dikala door to door menyalurkan bantuan ke warga menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah memperhatikan warganya.

“Saya selaku Kepala Desa memberikan terima kasih banyak terhadap Sinar Mas dan Berau Coal yang sudah memberikan pertolongan terhadap warga aku yang terdampak erupsi Gunung Semeru, semoga kian jaya, berhasil selalu dan dilancarkan rezekinya” ujar Nurul.

Selain dukungan logistik yang diberikan, Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana ESDM juga telah membantu proses evakuasi dan pelayanan kesehatan terhadap warga terdampak.

Bantuan yang diberikan perusahaan diperlukan mampu membantu mempercepat proses pemulihan wilayah terdampak pasca erupsi Gunung Semeru. Sinergi dari aneka macam pihak diperlukan untuk merealisasikan hal tersebut.